• Maria Yuliana Kusrini

Sate Petir Pak Nano Punya Tongseng Dengan Tingkat Kepedasan Berbeda

Dari sekian banyak tempat makan yang menjual tongseng, rumah makan bernama Sate Petir Pak Nano menghadirkan olahan tongseng berbeda. Pembedanya itu terletak pada pilihan tingkatan atau level pedasnya. Mulai dari tingkat paling rendah yakni PAUD dan Profesor untuk tingkatan tertingginya.

Usahanya ini telah dirintis oleh Sutiyarno atau yang lebih akrab disapa Pak Nano sejak 1984. Awalnya ia menjajakan olahan sate dan tongsengnya dengan cara dipikul. Berkat ketelatenannya itulah, ia berhasil membuka rumah makan dan menyekolahkan 4 anaknya hingga menjadi sarjana. Usaha yang sama ini telah dijalani lebih dulu oleh orangtua serta kakeknya. Secara otomatis, pria yang gemar melucu ini pun menjadi generasi ketiga sebagai penjual sate dan tongseng kambing.


Berbeda dengan tongseng kambing lainnya, Pak Nano menghadirkan sajian tongseng dengan tingkat kepedasan berbeda. Sehingga aman bagi mereka yang tidak suka pedas, sedangkan bagi penyuka pedas bisa memilih tingkat kepedasannya sesuai selera. Pilihannya antara lain PAUD, Play Group, SD, SMP, SMA, D3, S1, S2, hingga Profesor.

Berlokasi di Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Tongseng Petir Pak Nano ini mengedepankan citarasa berbeda. Perpaduan dari rasa pedas, manis penggunaan kecap, serta nikmatnya daging kambing yang tidak alot dan tidak beraroma prengus sama sekali. Selain menggunakan daging kambing, Tongseng Pak Nano menambahkan tomat, kubis, serta kuah gule. Selain menyediakan pilihan tongseng daging, Pak Nano juga menyajikan Sate Kambing, Tongseng Kepala Kambing, Tongseng Kikil, Tongseng Jeroan, hingga Tongseng Otak Kambing.

Buat yang sedang berada di Yogyakarta atau berencana akan berkunjung ke sana, jangan lupa untuk mampir dan icip-icip menu Tongseng dan Sate di tempat ini ya.

Sate Petir Pak Nano

Jl. Ring Road Selatan 90, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

0274 – 7484197

© 2019 yukmakan channel