• Maria Yuliana Kusrini

Sedari Kecil, Yuda Bustara Memang Suka Masak

Siapa sih yang tak kenal dengan chef muda berbakat, Yuda Bustara? Tentunya sudah familiar dengannya yang juga sering terlihat wira-wiri di layar kaca. Sekitar 10 tahun menekuni profesinya sebagai seorang chef, ternyata itu memang impian Yuda sedari kecil.



Ketertarikan Yuda pada dapur memang sudah terlihat sejak ia kecil. Bahkan ia mengaku lebih suka nonton acara masak ketimbang film kartun yang biasa digemari anak-anak seusianya saat itu. "Cita-cita sedari kecil memang pengen jadi tukang masak profesional. Kalau anak-anak lain suka nonton kartun setiap pagi, aku justru sukanya nonton program masak yang dibawain Sisca Soewitomo dan Rudy Choirudin,” ungkap pria kelahiran Jakarta, 19 Desember 1986 itu.


Meski masih anak-anak, Yuda tak segan untuk masuk dapur dan coba untuk memasak. Makanan pertama yang ia buat ketika dirinya masih kecil adalah Rumball. Makanan itu terbuat dari biskuit kemudian dihancurkan lalu dicampur bersama rum dan mentega. “Pertama kali aku buat makanan yang namanya Rumball. Dan ternyata banyak yang suka,” kenang Yuda yang juga suka makan.


Berkat dukungan orang tua dan keluarga, Yuda bisa menempuh pendidikan di Taylor’s College School of Hospitality Tourism di Malaysia. Di sana, ia mengambil jurusan Manajemen supaya selain bisa memasak, ia juga mampu mengatur sistem kerja di suatu perhotelan maupun restoran. Pendidikan itu pun berhasil ia selesaikan selama 3 tahun. Hingga saat ini, Yuda terus bereksperimen dengan berbagai macam masakan.