• Novi Amaliyah

Sepiring Kelezatan Nasi Goreng Sudah Ada Sejak Zaman Sriwijaya



Nasi goreng, salah satu comfort food Indonesia satu ini memang tak lekang oleh zaman dan disukai berbagai kalangan. Saking populernya sajian satu ini, Nasi Goreng bahkan dinobatkan sebagai salah satu dari 50 makanan terenak kedua di dunia di tahun 2007.

Tapi tahukah kamu asal usul nasi goreng ini? Jika ditelusuri, kelezatan sepiring nasi goreng ini ternyata memiliki perjalanan yang cukup panjang. Konon nasi goring lahir dari kebiasaan orang Tionghoa yang tidak suka menyantap makanan dalam keadaan dingin, tetapi juga ada kepercayaan yang tidak boleh untuk membuang makanan. Dari sinilah nasi goreng akhirnya tercipta, dimana nasi sisa kemarin dimasak kembali dengan ditambahkan berbagai bumbu tambahan agar bisa dinikmati kembali. Di Tiongkok nasi goreng dikenal dengan sebutan Hanzi.



Pada zaman kerajaan Sriwijaya, pedagang Tionghoa memperkenalkan sajian ini hingga akhirnya menyebar ke seluruh Nusantara. Hingga muncullah berbagai macam dan variasi nasi goreng tergantung daerah masing-masing. Ada Nasi Goreng Kampung, Nasi Goreng Jawa, Nasi Goreng Terasi, Nasi Goreng Teri, Nasi Goreng Pete, Nasi Goreng Seafood, Nasi Goreng Kambing, Nasi Goreng Nanas, hingga Nasi Goreng Merah Khas Makassar.


Saking populernya Nasi Goreng sebagai sajian yang khas dan identik dengan Indonesia, turis mancanegara yang datang ke Indonesia pasti memesan Nasi Goreng. Karena tak lengkap berkunjung ke Indonesia tanpa mencoba Nasi Goreng. Karenanya Nasi Goreng dinobatkan menjadi salah satu Makanan Nasional khas Indonesia bersama empat makanan lainnya seperti Soto, Gado-Gado, Sate dan Rendang.

© 2019 yukmakan channel