• Maria Yuliana Kusrini

Seruput Kopi Legendaris di Kedai Kopi KimTeng

Kopi menjadi minuman yang demikian difavoritkan banyak orang. Tidak heran, di setiap pelosok daerah pasti mempunyai kedai kopi. Mulai dari kedai kopi yang menawarkan citarasa lokal atau internasional, berkonsep modern ataupun jadul, hingga yang baru dibuka atau telah lama ada. Jika mengunjungi Provinsi Riau, khususnya Pekanbaru jangan pernah lewatkan sebuah kedai kopi legendaris bernama Kedai Kopi KimTeng.

Telah dibuka sejak tahun 1950-an, KimTeng menghadirkan sajian kopi sedap yang biasa disebut Kopi O. Lokasinya yang tidak pernah sepi pengunjung menyiratkan makna jika KimTeng memang begitu melekat di hati warga Pekanbaru. Bahkan ada istilah yang sangat “Belum ke Pekanbaru kalau belum mampir ke KimTeng” yang begitu tenar di masyarakat.

Ada 2 pilihan kopi yang ditawarkan, yakni Kopi O (kopi hitam) dan Kopi O Susu. Masing-masing bisa dinikmati dalam keadaan panas ataupun dingin menggunakan tambahan es batu. “Kopinya berjenis Arabica yang kami ambil dari Kerinci Jambi,” ungkap Karyono selaku salah satu generasi penerus KimTeng yang saat itu tampak sibuk meracik kopi. Saat ini KimTeng tengah dipegang oleh generasi ketiga.

Selain menyuguhkan kopi bercitarasa khas dan dijadikan pilihan untuk sarapan, KimTeng juga menyajikan pilihan roti bakar dengan beragam selai. Pengunjung juga bisa menemukan gerai lainnya yang menawarkan berbagai makanan beragam yang semakin meramaikan tempat makan ini. Sebut saja kwetiau, bihun, mie kuah, pangsit, dimsum, bubur ayam, dan lainnya.

KimTeng yang buka setiap hari mulai jam 06.30 – 18.00 WIB ini memiliki kapasitas tempat duduk yang terbilang banyak. Jika datang ke tempat ini jangan merasa heran dengan ruangannya yang dipenuhi dengan papan iklan atau baliho. Keadaan ini pun semakin memperkuat jika KimTeng ini begitu terpercaya di hati banyak orang, termasuk para pemasang iklan.

Kedai Kopi KimTeng

Jl. Senapelan No. 22, Pekanbaru, Riau

0761 – 853300

© 2019 yukmakan channel