• Maria Yuliana Kusrini

Singapore Food Festival 2021 Edisi ke-28


Penikmat kuliner, khususnya kuliner Singapura bisa melepas kerinduan dengan program Singapore Food Festival 2021. Dihadirkan dengan konsep hibrida dan secara online, festival yang telah hadir ke-28 kalinya ini berlangsung antara 27 Agustus – 12 September 2021. Singapore Food Festival (SFF) tahun ini pun mengusung tema “Enjoy Singapore in Every Bite”.


Sebagai satu-satunya festival di Singapura yang didedikasikan untuk masakan Singapura dan ajang unjuk bakat, SFF terus berinovasi untuk menghadirkan lebih dari 50 pengalaman gastronomi dan minuman bagi pecinta kuliner di platform hibrida. Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan edisi virtual tahun lalu.


“Singapore Food Festival 2021 menampilkan budaya kuliner Singapura yang dinamis. Tahun ini, kami sangat antusias untuk membawa SFF ke khalayak global sekaligus mengundang untuk menikmati masakan Singapura dan belajar lebih banyak tentang warisan multi-budaya kami melalui makanan. SFF merupakan bukti inovasi di dunia kuliner Singapura dan reputasi kami sebagai ibu kota kuliner global,” terang Serene Tan selaku Director of Retail and Dining, Singapore Tourism Board (STB) pada acara SFF 2021 virtual media preview, Kamis (12/8).


Rangkaian festival kali ini pun terdiri dari empat komponen yang dapat diikuti oleh para pecinta kuliner Singapura yang ada di Indonesia. Keempat hal itu antara lain kolaborasi dengan GoFood, kerjasama dengan Wings Food untuk kampanye pemasaran Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa, live masterclasses, serta virtual food experiences.


Khusus untuk masyarakat Indonesia yang rindu Singapura, dihadirkan citarasa Singapura melalui pengalaman bersantap yang baru dan menarik. Hal itu diwujudkan melalui kolaborasi dengan GoFood dan Wings Food untuk kampanye pemasaran Mie Sedaap Selection Singapore Spicy Laksa. Ini menjadi bagian dari inisiatif SingapoReimagine untuk menawarkan beragam promo menarik sekaligus menghidupkan kembali impian perjalanan ke Singapura dari rumah masing-masing melalui makanan. Sedangkan melalui GoFood, masyarakat Indonesia akan dimanjakan dengan kulineran Singapura, mulai dari Old Chang Kee, Ya Kun Kaya Toast, Wee Nam Kee, hingga Song Fa Bak Kut Teh.


SFF juga menghadirkan berbagai live masterclass yang menarik, baik yang gratis untuk dilihat maupun berbayar. Live Masterclasses akan diramaikan oleh chef, bartender, dan praktisi kuliner Singapura. Sebut saja Juri MasterChef Singapore 2018 Bjorn Shen dari Artichoke yang menyajikan hidangan spesial The Boyster Omelette, Chef Douglas Ng dari Fishball, Chef Maxine Ngooi dari Tiger Lily Patisserie, Pastry Chef Mohammed Al-Matin dari Le Matin Patisserie, Chef Lim Hoe Gern, Celebrity Chef Thitid Tassanakajohn, Chef Jeremy Gillon dari salah satu restoran bintang satu-Michelin JAG, dan lainnya.


Para pecinta kuliner juga akan dapat menemukan video resep dan menjelajah Singapura melalui pengalaman virtual dan fitur dokumenter. Virtual Food Experiences ini akan dihadirkan dalam format interaktif sehingga pengunjung dapat menyaksikan seluk beluk bisnis inovatif seperti Kok Fah Farm melalui fitur dokumenter, tur keliling pertanian hidroponik, hingga video resep seperti Kitchen Insider: Sustenir. Selain itu, pecinta kuliner dapat menikmati perjalanan kuliner dalam tur makanan virtual Little India dan Tiong Bahru yang dipandu oleh pembawa acara makanan populer, Nikki Muller.