© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Site Visit Busway Down to Chinatown Jakarta

Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) bersama TransJakarta mengadakan kegiatan menarik bernama Site Visit Busway Down To Chinatown. Kegiatan yang dilangsungkan pada Sabtu, 26 November 2016 ini mengajak beberapa peserta yang adalah instagramers untuk menjelajah area Chinatown yang ada di seputaran Glodok, Jakarta Barat.

Tidak hanya sekedar mengunjungi beberapa spot menarik dan unik, peserta juga diajak menjelajah kuliner di area itu. Menjadikan Halte Busway Bundaran Senayan sebagai meeting pointnya, peserta pun diajak naik Busway Vintage Series tujuan Glodok. Sambil melakukan perjalanan Senayan – Glodok, peserta pun diberi tambahan informasi mengenai busway Vintage Series yang ditumpangi ini sekaligus informasi penting lainnya seputar TransJakarta. Perkenalan lainnya juga diberikan oleh perwakilan dari ITDP dan juga Trafi.


Sampai di Halte Glodok, peserta pun langsung disambut oleh tim Melu Culinary Tour yang sekaligus menjadi guide selama di Glodok. Peserta pun diajak berjalan menuju ke Gang Gloria yang dijadikan lokasi pertama. Di gang kecil yang penuh sesak oleh penjual makanan ini, terdapat Es Kopi Tak Kie yang legendaris. Rombongan yang berjumlah sekitar 20 orang pun diajak mencicipi 2 pilihan kopi yang ditawarkan, yakni Es Kopi dan Es Kopi Susu. Sambil menikmati segarnya kopi racikan Es kopi Tak Kie, rombongan disuguhi cakwe yang ditawarkan di salah satu sudut gang. Buat penggemar hidangan non halal sepertinya sangat cocok mendatangi dan berkuliner di Gang Gloria ini.


Petualangan pun berlanjut dengan mengunjungi 4 bangunan legendaris di kawasan Chinatown, Glodok ini. Bangunan itu adalah Vihara Dharma Jaya Toasebio yang beralamat di Jalan Kemenangan III, Gereja Katolik St. Maria De Fatima, Wihara Dharma Bakti, dan Gedung Candra Naya yang merupakan bekas kediaman Mayor Khouw Kim An. Keempat bangunan yang didatangi merupakan bangunan yang masuk dalam cagar budaya Kota Jakarta. Rombongan pun tidak ingin melewatkan kesempatan ini dengan mengabadikannya melalui kamera dan berfoto di spot-spot terbaik.


Petualangan pun diakhiri dengan mendatangi Kopi Oey yang lokasinya bersebelahan dengan Gedung Candra Naya. Kopi Oey sekaligus dijadikan lokasi untuk makan siang rombongan. Ada 3 pilihan hidangan yang bisa dijadikan pilihan, yakni Nasi Ajam Lada Hitam, Nasi Ajam Goreng Mentega, dan Soto Tangkar. Setiap peserta pun menikmati hidangan yang telah disuguhkan oleh Kopi Oey yang juga turut mendukung Site Visit Busway Down To Chinatown kali ini.


Usai bersantap siang, rombongan pun foto bersama di depan Gedung Candra Naya dan kembali mendatangi halte busway terdekat. Busway Vintage Series pun menjemput rombongan untuk kembali ke Bundaran Senayan. Petualangan kuliner dan wisata di Chinatown Jakarta pun berakhir dengan rasa bahagia di hati setiap peserta.