• Maria Yuliana Kusrini

Sop Buntut Legendaris di Menteng

Meski ada beberapa tempat makan yang menjual sop buntut, namun ada satu tempat makan yang cukup legendaris dan demikian diminati di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Berkonsep warung sederhana berukuran kecil, tempat makan ini mengambil lokasi yang tak jauh dar Masjid Cut Meutia. Dan karena lokasinya itu pulalah, tempat makan ini pun dikenal dengan sebutan Sop Buntut Cut Meutia.

Sesuai dengan namanya, Sop Buntut tentu jadi menu unggulannya. Sop Buntut di sini disajikan dalam mangkok ukuran sedang yang berisi 2 buah potong buntut sapi. Tidak sendirian, buntut itu ditemani dengan potongan wortel, kol, irisan daun bawang, dan bawang merah goreng. Kuahnya yang panas mengepul.itu berwarna kecoklatan dan cenderung bening alias tidak berlemak. Kuah bercitarasa gurih ini pun kaya akan rempah yang didominasi dengan pala dan merica. Buntut yang berukuran tidak terlalu besarnya terbilang empuk, meskipun tidak mmrotol dari tulangnya,

Selain Sop Buntut, pengunjung juga bisa menemukan Sop Buntut Goreng dan juga Sop Buntut Bakar. Sajian ini tetap ditemani dengan kuahnya yang aromatik, namun disajikan dalam wadah terpisah. Buntut gorengnya tidak meinggalkan jejak minyak dan diberi taburan bawang merah goreng di bagian atasnya. Buntut gorengnya kering, empuk, dan begitu berbumbu.

Begitu pun dengan pilihan Sop Buntut Bakar yang tak kalah lezat dan menarik untuk dicoba. Buntutnya menghadirkan daging beraroma bakaran. Buntutnya tak lupa diberi kucuran kecap manis dan olesan mentega saat dibakar. Sehingga selain terasa gurih juga ada sensasi manis. Jangan lupa, seruput kuahnya yang gurih untuk menambah citarasa nikmat.

Sop Buntut Cut Meutia

Jl. Menteng Kecil (Seberang Mesjid Cut Meutia), Menteng, Jakarta Pusat

021 – 3924213

© 2019 yukmakan channel