• Maria Yuliana Kusrini

Soto Sedaap Boyolali Bu Hj. Widodo Enak & Murmer

Pecinta soto daging sapi maupun ayam khas Boyolali tentu tak akan lupa dengan rasanya gurih dan penggunaan kuah beningnya yang segar. Soto dari wilayah Jawa Tengah ini memang punya ciri khas tersendiri yang bisa langsung dilihat dari penggunaan kuah beningnya itu. Kedai soto yang menjual soto khas Boyolali ini pun juga mulai banyak dan bisa ditemukan diberbagai daerah luar Boyolali, termasuk di Jabodetabek. Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo salah satunya.

Soto Daging

Kedai soto ini memang punya banyak cabang di kawasan Jakarta, seperti di Cibubur, Cijantung, Benhil, Ciracas, Pecenongan, dan lainnya. Di pinggiran Jakarta pun, Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo juga banyak bisa ditemukan. Di kawasan Cikeas, Bogor salah satunya. Outlet ini punya area yang cukup besar dengan mengusung konsep semi outdoor.

Sesuai dengan nama kedainya, tentu olahan soto menjadi primadonanya. Soto yang ditawarkan ada dua jenis berbeda, yakni Soto Daging dan Soto Ayam. Soto Dagingnya terdiri dari potongan daging sapi yang dipadukan dengan taoge rebus, daun seledri, dan bawang goreng. Untuk kuahnya sendiri bening kecoklatan yang punya rasa gurih berkat pengunaan aneka rempah dan rebusan dagingnya. Kesegaran soto yang disajikan dalam mangkok berukuran tidak terlalu besar ini makin spesial jika ditambahkan dengan kucuran jeruk nipis, kecap manis, ataupun sambal.

Soto Ayam & Soto Daging

Selain Soto Daging, juga ada Soto Ayam yang juga punya kuah bening. Mirip dengan si Soto Daging, Soto Ayamnya ini disajikan dalam mangkok yang ukurannya tidak terlalu besar (tapi juga tidak sekecil mangkok Soto Kudus). Soto Ayam ini terdiri dari potongan ayam kampung, bihun, keripik kentang goreng, seledri, dan bawang goreng. Kedua soto ini pun bisa dipesan menggunakan nasi ataupun tanpa nasi. Bagi yang ingin menggunakan nasi bisa dengan pilihan nasi dicampur dalam sotonya atau nasi pada wadah terpisah.

Kenikmatan menyantap soto bening berkuah panas ini pun akan semakin sempurna dengan adanya beragam kondimen yang menemani. Mulai dari Sate Telur Puyuh, Sate Otak, Sate Paru, Sate Ati Ampela, Tempe Goreng, Tahu Goreng, Perkedel, maupun Sosis Solo yang bisa diambil sendiri oleh setiap pengunjung. Ragam menu yang ditawarkan di tempat ini pun terbilang sangat bersahabat, untuk harga sotonya berkisar mulai Rp 9.000,- (soto tanpa nasi), Rp 11.000,- (soto nasi campur), hingga Rp 13.000,- (soto dengan nasi pisah).

Soto Sedaap Boyolali Hj. Widodo

Jl. Letda. Nasir Nagrak, Gunung Putri, Bogor


Soto Ayam (bihun ganti taoge)

© 2019 yukmakan channel