• Maria Yuliana Kusrini

Susu Mbok Darmi yang Nyeleneh dan Makin Berkembang

Menjalankan bisnis di bidang kuliner sepertinya banyak dijadikan pilihan bagi sebagian besar masyarakat kita. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, makin banyak bermunculan usaha kuliner yang menawarkan sajian unik dan menarik. Tak hanya menawarkan jenis makanan saja, namun ada banyak juga yang menawarkan pilihan minuman ataupun camilan.


Khusus untuk bisnis minuman, memang jenis minuman kopi tetap yang paling teratas dan sangat menarik minat sebagian besar masyarakat. Meski begitu, Dhony Pratama memiliki ide berbeda dengan menghadirkan pilihan minuman lain yang menjadikan susu sebagai primadonanya. Ia pun menghadirkan produk minuman susu yang diberinya nama Susu Mbok Darmi.


Bisnisnya ini ia mulai pada tahun 2013 dengan membuka sebuah outlet yang berlokasi di sebuah kantin kampus di Bogor, Jawa Barat. Dhony yang waktu itu masih berstatus mahasiswa di Fakultas Peternakan melihat peluang bisnis susu dari satu mata kuliah yang dipelajarinya. “Saat pertama memulai, saya ingin produk yang kami tawarkan bisa menjangkau pasar dengan cepat. Oleh karena itu, kami memilih pasar yang sudah jadi seperti kantin kampus dimana target pasarnya sudah terbentuk, yaitu mahasiswa,” ungkap Dhony. Saat itu, ia menjalankan bisnis ini hanya untuk menambah uang jajan saat kuliah.


Berawal dari satu outletnya di kantin kampus, outlet Susu Mbok Darmi pun makin berkembang pesat menjadi 36 outlet yang tersebar di Jabodetabek. Hal itu karena selain produknya yang memang enak, bisnis ini dikemas dengan nama dan slogan unik. Untuk pemilihan namanya saja 'Susu Mbok Darmi' yang dipilih karena terdengar sederhana dan sangat Indonesia. Pemilihan nama yang nyeleneh ini pun diikuti dengan tampilan slogan yang juga nyeleneh. Kombinasi nama dan slogan yang berbeda itu pun menjadikan brand ini begitu popular dan banyak digemari mahasiswa dan masyarakat luas.


Meski kini sudah popular dan banyak penggemar, namun kualitas produk dan pelayanan tetap diperhatikan. Produk susunya dihadirkan dengan kualitas baik dengan proses yang dijaga ketat dengan melewati quality control berlapis yang dilakukan setiap harinya. Susu Mbok Darmi ini diolah dengan campuran buah asli, seperti pisang, strawberry, hingga leci. Selain menyediakan varian susu original dan susu bercitarasa buah segar, Susu Mbok Darmi juga memiliki varian rasa kekinian seperti Kitkat Green Tea, Oreo, hingga Regal.