• Novi Amaliyah

The Embassy Chocolate Dining Experience, Menikmati Sajian Fine Dining Serba Cokelat di AMUZ Gourmet


Grilled Black Angus Prime Beef Tenderloin dengan paduan saus dark chocolate
Grilled Black Angus Prime Beef Tenderloin dengan paduan saus dark chocolate

Siapa tak suka cokelat, bahan makanan satu ini disukai berbagai lapisan usai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa baik pria maupun wanita. Konon cokelat juga menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan hormon bahagia. Selama ini cokelat identik dengan kudapan manis mulai dari permen, es hingga cakes. Siapa sangka ternyata cokelat juga bisa dijadikan paduan dalam sajian bercita rasa asin seperti sup, steak maupun salad.


Seperti yang dilakukan oleh Embassy Chocolate, brand cokelat couverture Indonesia berkolaborasi restoran fine dining Prancis Amuz Gourmet Restaurant yang menggelar The Embassy Chocolate Dining Experience dengan media pada Rabu, 16 Maret 2022. Acara ini menghadirkan sebuah pengalaman menikmati sajian Prancis fine dining mewah serba cokelat yang menghadirkan beragam cita rasa produk cokelat couverture dari Embassy Chocolate.


“Embassy Chocolate diproduksi di Indonesia, menggunakan 100% real cocoa butter dan ekstrak vanilla alami. Selain itu, kami menggunakan teknik kakao campuran dimana kami mengambil sifat-sifat terbaik dari biji kakao pilihan asal Amerika, Asia dan Afrika untuk menghasilkan produk cokelat couverture dengan karakter yang khas. Dengan teknik ini, kami dapat memastikan konsistensi kualitas dan lebih menjamin stabilitas harga produk kami di pasaran”, jelas Brand Executive Embassy Chocolate, Karina Andjani Putri di sela-sela acara.

Beragam sajian serba cokelat dimulai dengan sajian pembuka amuse-bouche, sup jamur disajikan dengan truffle crumble yang terbuat dari paduan cokelat putih. Kemudian ada La Salade au Thon Rouge, sajian berupa salad selada baby romaine dengan ikan tuna carpaccio, taburan keju parmesan yang garing, potongan cherry tomat yang segar dan saus aioli . Uniknya sajian ini dinikmati bersama Chocolate-coffee Banana Mocktail.


Menurut Karina hampir semua produk Embassy Chocolate digunakan sebagai paduan dalam semua hidangan yang disajikan pada The Embassy Chocolate Dining Experience. Pada kesempatan ini, Embassy Chocolate ingin menghadirkan cita rasa dari tiap produk, baik itu cokelat hitam, susu, maupun putih, dapat memberikan paduan rasa harmonis yang berbeda-beda pada hidangan sesuai dengan cokelat yang digunakan.

Menu Serba Cokelat di The Embassy Chocolate Dining Experience

Menu-menu yang dihadirkan dalam The Embassy Chocolate Dining Experience merupakan kreasi kolaborasi antara para chef Embassy Chocolate dan Chef Founder/Operation Director at AMUZ Gourmet Group, Chef Gilles Marx. Dimana menghadirkan 6 menu istimewa diantaranya, Light Creamed Mushroom Cappuccino, Rare seared Sashimi Grade Tuna Carpaccio, sebagai hidangan pembuka. Kemudian Oven Roasted Norwegian Salmon Back, Grilled Black Angus Prime Beef Tenderloin untuk hidangan utama. Untuk hidangan penutup ada Equatorial Cannoli with Zen Coconut and Mango Chantilly, dan Cinnamon Scented 75% Chocolate Jelly, Azalea Coffee Mousse & Oceanic-Hazelnut Crèmeux.


Pada sajian Oven Roasted Norwegian Salmon Back memadukan white wine sauce yang dibuat dengan campuran cokelat putih Embassy Zen White Chocolate 33% untuk memberikan sedikit rasa manis dan creamy. Cokelat Zen memberikan tambahan cita rasa yang dalam dan kompleks dalam sajian ini dengan after taste cokelat yang ringan.


Kemudian pada menu Grilled Black Angus Prime Beef Tenderloin, menggunakan Embassy Continental Blend Dark Chocolate Couverture 75% dalam sausnya. Cita rasa saus bittersweet/tannic dari cokelat hitam ini berpadu harmonis dengan rasa daging panggang berbumbu lada yang kaya. Saus dark chocolate yang rich ini juga melengkapi daging, sumsum tulang yang gurih bersama puree wortel manis dengan aroma samar kari.


“Proses mengembangkan menu dimulai dengan mencicipi berbagai cokelat, dan mengenali flavor profile masing-masing cokelat. Ini akan memicu ide untuk berbagai kombinasi yang berbeda, yang kemudian diuji dan dikembangkan hingga mendapat hasil yang diinginkan. Berdasarkan hasil yang didapat, kami merancang menu yang menunjukkan tidak hanya kualitas dan karakter tiap cokelat, tetapi juga tingkat spesifikasi dan kualitas dari bahan serta kepribadian dari Chef yang membuatnya”, ujar Chef Gilles Marx dari Amuz Gourmet Restaurant.

Chocolate-coffee Banana Mocktail
Chocolate-coffee Banana Mocktail

Sementara itu, Executive Pastry Chef Embassy Chocolate, Chef Louis Tanuhadi menjelaskan bagaimana ragam produk Embassy Chocolate memiliki flavor yang well-balanced dan mudah dipadukan dengan bahan-bahan lainnya sehingga pengguna dapat berkreasi sesuka hati dalam berbagai macam aplikasi. Embassy Chocolate dapat membantu penggunanya menghasilkan hidangan yang beragam, mulai dari fresh, rich, nutty, hingga savory.


“Dengan kandungan lemak kakao yang tinggi, produk cokelat couverture Embassy Chocolate memiliki fluiditas dan workability yang baik, sehingga sangat cocok untuk coating, enrobing, dipping, molding, dan sebagainya. Fluiditas dan workability ini merupakan aspek yang sangat diperhatikan para chef dalam pemilihan cokelat couverture”, tambah Chef Louis.


Perbedaan Cokelat Couverture Dengan Cokelat Biasa

Menurut Chef Louis Perbedaan cokelat couverture dengan cokelat biasa terletak pada jumlah kandungan lemak kakao (cocoa butter) di dalamnya. Dibandingkan dengan cokelat biasa yang dipersyaratkan memiliki lemak kakao minimal 18-20%, cokelat couverture mengandung lemak kakao minimal 31 persen. Besaran kandungan lemak kakao ini yang memengaruhi fluiditas dan keserbagunaan cokelat.


Produk cokelat couverture Embassy memiliki aplikasi yang serbaguna, diantaranya dapat digunakan pada produk confectionery seperti praline dan chocolate bar; enrobing, coating dan molding; batter/mixture untuk kue dan dough pada roti; filling dalam produk roti, pastry dan cookies; serta dalam pembuatan ganache, mousse, pastry cream, chocolate sauce, dan masih banyak lagi.


Strawberry Pistachio Crown & Chocolate Ingot Cake
Strawberry Pistachio Crown & Chocolate Ingot Cake

Saat ini Embassy Chocolate bisa didapatkan di beberapa marketplace online seperti Shopee, Tokopedia, dan Blibli, serta akan hadir di website kioskcokelat.com dengan berbagai penawaran yang menarik. Tahun ini Embassy Chocolate akan mengadakan berbagai online course gratis untuk pelanggan Embassy yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan skill para pelanggan dalam mengolah cokelat.


“Melalui acara ini, kami ingin masyarakat luas mengetahui bahwa ada brand cokelat couverture lokal yang memiliki produk dengan kualitas yang setara dengan produk-produk internasional, serta dapat memenuhi standar fine dining ala Prancis dan cocok digunakan dalam berbagai hidangan baik sweet maupun savory. The Embassy Dining Experience akan kembali digelar beberapa kali dalam tahun ini khusus bagi pelanggan Embassy Chocolate”, tutup Karina.