top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

‘The Values We Share’ Ajang Kompetisi Memasak Dessert Bersama Elle & Vire Professionnel

Elle & Vire Professionnel sebagai salah satu merek produk berbasis susu asal Prancis yang dinaungi Savencia Fromage & Dairy menggelar sebuah kompetisi memasak dessert atau hidangan pencuci mulut. Kompetisi bertajuk “The Values We Share” ini sukses menarik minat 152 koki muda di bawah usia 30 tahun di seluruh Indonesia. Dari seluruh peserta yang mendaftar, dipilihlah 12 finalis yang diadu kebolehannya dalam membuat dessert. Kompetisi babak final ini pun diadakan pada 25 Februari 2023 di Arkamaya Pendidikan Kuliner Kreatif Indonesia.



Kompetisi ini dilangsungkan juga untuk menggambarkan nilai Rasa, Orisinalitas, Natural, dan Keunggulan masakan Indonesia. Untuk mengikuti ajang ini, seluruh peserta yang sudah mendaftar diwajibkan untuk mengirimkan resep asli hidangan manis khas Indonesia yang dibuat menggunakan produk Elle & Vire Professionnel Excellence Whipping Cream, Butter, dan satu produk lain dari rangkaian merek itu. Pada babak penyisihan ini melibatkan dua orang juri, yakni Chef Nicolas Boussin sebagai Meilleur Ouvrier de France (MOF) Pâtissier 2000 sekaligus Executive Pastry Chef dari Maison De L'excellence Savencia dan Chef Ucu Sawitri selaku Professional Chef & Coach dari Catering Academy Indonesia.



Pada babak final, 12 finalis berkompetisi secara langsung dalam membuat dessert unggulan mereka masing-masing yang dibuat dengan bahan Elle & Vire Professionnel yang sudah ditentukan. Setiap finalis berusaha memperebutkan hadiah senilai puluhan jutaan rupiah. Juga termasuk kesempatan untuk berlatih di bawah La Maison de l'Excellence Savencia, yakni pusat perusahaan terdepan yang didedikasikan sebagai sentra berbagi pengetahuan dan pengajaran yang juga merupakan fasilitas terbuka untuk para profesional dari Prancis maupun Internasional. Di babak final ini, ada empat orang juri yang memberikan penilaian. Mereka adalah Gilles Marx selaku Chef Founder Amuz Gourmet Group, Sacha Lefebvre yakni seorang chef dan pendiri Paris Sorbet Jakarta, Chef Ucu Sawitri yang sekaligus pelatih di Akademi Katering, dan juga ada Chef Gunawan Wu sebagai chef selebritis Indonesia asal Australia.



Di kompetisi ini, akhirnya dipilihlah tiga orang pemenang yang mampu memukau para juri dengan kreasi dessertnya. Sebagai juara pertama ada Christian Dewabrata yang saat itu membuat kreasi Kolak Pisang. Untuk juara keduanya ada Andreas Caecario Anandora yang membuat kreasi menu bernama Deconstructed Sekoteng Platted Dessert. Dan Odetha Kenan sebagai juara ketiga sukses memukau para juri dengan menu Deconstructed Kolak. Setiap kreasi dessert yang dibuat oleh para pemenang ini memiliki tampilan yang begiu cantik dan menarik.



“Sangat gembira sekali dapat mengembangkan bakat kuliner para koki muda di Indonesia ini. Sekaligus dapat memberikan kesempatan untuk belajar dalam skala internasional kepada mereka melalui kompetisi ini,” ungkap Nessy Meghayani selaku Country Manager Savencia Fromage & Dairy Indonesia.

Коментарі


bottom of page