• Maria Yuliana Kusrini

Tips Jitu Saat Mengolah Telur



Telur menjadi salah satu sumber protein yang dibutuhkan bagi tubuh manusia. Meski saat ini, telur memiliki harga yang terbilang cukup tinggi, namun kepopuleran telur bagi keluarga di Indonesia memang sulit untuk ditinggalkan. Selain mudah didapatkan, telur juga mudah untuk diolah dan tentunya memiliki citarasa yang sudah familiar di lidah. Telur dapat diolah dengan cara direbus, digoreng, ataupun dijadikan campuran bahan lainnya. Dan berikut ini beberapa tips jitu yang bisa diaplikasikan saat mengolah telur di rumah.


1. Goreng dengan minyak panas

Untuk membuat telur goreng, terlebih dulu perhatikan suhu atau panas minyak gorengnya. Untuk mendapatkan telur goreng berkulit tipis dengan warna coklat yang cantik, hendaknya telur digoreng dalam minyak yang panas.


2. Gunakan sedikit minyak goreng

Saat ingin membuat telur dadar, sebaiknya tidak menggunakan banyak minyak goreng. Itu karena akan menghadilkan telur dadar yang kurang cantik dan terlalu berminyak. Ketika menggunakan lebih sedikit minyak, maka telur akan lebih cantik dan lebih mengembang. Sedangkan saat membuat telur ceplok dengan sedikit minyak, maka akan menghasilkan telur ceplok yang cantik, mulus, lebar, dan pipih.


3. Tambahkan Air Teh

Untuk mendapatkan telur dadar yang lebih lembut, campurkan 1-2 sendok air teh dalam kocokan telur. Hal itu pun akan menjadikan hasil gorengan telur dadar terasa lebih lembut dari biasanya.


4. Kocok telur dengan benar

Saat hendak membuat adonan telur, hendaknya telur dikocok dengan sempurna. Supaya bagian putih telur dan kuningnya dapat menyatu sempurna. Setelah tercampur sempurna barulah boleh ditambahkan dengan bahan lain ke dalamnya, misalnya menambahkan santan, krim, atau air teh. Hendaknya bahan itu dimasukkan secara sedikit demi sedikit sambil terus diaduk atau dikocok supaya semuanya tercampur rata. Apabila tidak tercampur rata, maka hasil masakan itu pun akan berair.


5. Kerat telur bulat sebelum digoreng

Telur bulat yang sudah direbus akan terasa lebih nikmat jika diolah menjadi telur balado yang dicampur dengan bumbu sambal merah. Tapi sebelum dicampurkan dengan bumbunya, akan terlihat lebih sempurna jika telur bulat yang direbus itu digoreng terlebih dulu. Tujuannya untuk membuat tekstur di telur dan membuat bumbunya menempel dan meresap lebih sempurna. Telur rebus yang hendak digoreng itu sebaiknya dikerat-kerat terlebih dulu. Tujuannya agar telur tidak meletus atau pecah saat digoreng.


6. Telur rebus jangan sampai pecah atau sobek saat dimasak

Telur rebus yang hendak diolah lagi dengan bahan lainnya, sebaiknya dalam keadaan utuh atau tidak sobek bagian putihnya. Apabila keadaan telur sudah tidak utuh, maka bisa mengotori kuah atau merubah rasa masakan yang hendak dibuat.