© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Tips Membuat Saus Telur Asin

Saus telur asin atau yang biasa disebut salted egg sauce banyak digemari pecinta kuliner Tanah Air. Bahkan tak jarang, beberapa jenis makanan pun dikolaborasikan dengan lumuran saus telur asin. Mulai dari ayam, ikan, udang, roti, dan lainnya. Dan berikut ini tips mudah membuat saus telur asin menurut Chef Fernando Sindu.


1. Kunci utamanya dari saus ini adalah menggunakan telur asin matang. Telurnya pun harus dihancurkan sampai benar-benar lembut.

2. Telur asin matang yang sudah hancur atau lembut itu pun dicampurkan dengan butter. Aduk sampai semuanya tercampur rata dan berbusa.

3. Bahan yang akan dicampurkan dengan saus telur asin ini, seperti ayam atau ikan juga harus dimatangkan terlebih dahulu. Baru setelahnya dicampurkan dengan saus telur asin.

4. Untuk menambah citarasa, saus telur asin dapat ditambahkan dengan garam dan gula. Atau jika suka, juga bisa ditambah dengan daun kari untuk menambah aroma dan citarasa.

5. Untuk mendapatkan citarasa creamy, bisa menambahkan susu full cream saat menumis sausnya. Dengan menambahkan susu, maka bisa mengatur tingkat kekentalan dari sausnya.

6. Supaya tidak monoton, saat disajikan saus bisa ditambahkan dengan sambal matah, serundeng, crispy garlic, dan kondimen lainnya sesuai selera.