• Maria Yuliana Kusrini

Tips Menghadapi Balita Susah Makan


Bagi seorang ibu, menghadapi anak balita yang sedang susah makan menjadi sebuah beban tersendiri. Padahal sang ibu sudah dengan segenap hati saat menyiapkan menu si kecil. Chef Edwin Lau yang dikenal sebagai seorang healthy chef pun memberikan beberapa tips untuk menghadapi balita yang sedang sulit makan.


1. Langkah pertama dimulai dengan membuat berbagai macam kaldu terlebih dahulu. Mulai dari kaldu ayam, bebek, sapi, dan ikan. Dari kaldu penuh gizi itu kemudian bisa membuat puree sayuran atau puree daging sesuai jenisnya. Bisa juga ditambahkan dengan nasi, ubi, kentang, wortel, dan lainnya dimasak dengan kaldu sehingga kaya rasa dan manfaat. Sesekali tambahkan puree buah dan snack bayi.

2. Semakin umurnya bertambah, kenalkan anak dengan beraneka ragam tekstur dari makanan orang dewasa, mulai dari buah potong, butiran nasi, kue, dan bahkan gorengan sekali pun. Dengan demikian pertumbuhan giginya juga maksimal dan anak belajar mengunyah makanan.

3. Anak juga harus cukup tidurnya supaya nafsu makannya stabil.

4. Saat anak menginjak umur 5 tahun (atau bisa sedini mungkin) ajar anak untuk memasak atau setidaknya ikut membantu dalam proses memasak. Tujuannya agar anak lebih melekat dan memahami kerja keras dalam menghasilkan suatu hidangan, sehingga ia bisa menghargai makanan itu sendiri. Anak pun nantinya tidak takut dan mual saat berurusan dengan pengolahan makanan.

“Kebiasaan yang baik harus dipupuk sejak dini agak kelak kebiasaan tersebut dapat bertumbuh menjadi suatu keahlian yang bisa menjadi modal untuk masa depannya,” tutup Chef Edwin yang kini sering memamerkan keseruannya memasak bersama sang buah hati di media sosial miliknya.

© 2019 yukmakan channel