© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Tips Menguji Kematangan Cake dan Memanggang Cake Yang Baik


Tips Menguji Kematangan Cake dan Memanggang Cake Yang Baik

Baking atau membuat kue memang susah-susah gampang. Berbeda dengan memasak, proses baking merupakan salah satu yang berhubungan dengan ilmu pasti untuk mendapat citarasa dan tekstur yang sempurna sesuai pakem sebuah cake maupun cake yang dibuat. Suhu pemanggangan menjadi kunci utama, suksesnya membuat cake. Yuk, simak tips sederhana menguji kematangan cake dan memanggang cake yang baik. Selamat mencoba!


1. Suhu pemanggangan ini juga bergantung dari masing-masing besar cake yang dibuat. Suhu untuk memanggang cake yang baik berkisar 170 derajat celcius sampai 180 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit.

2. Sebelum memanggang cake, pastikan memanaskan oven terlebih dulu sebelum digunakan untuk memanggang sesuai dengan suhu yang diinginkan.

3. Hindari memasukkan cake sebelum oven dipanaskan terlebih dulu. Karena cake akan menjadi keras dan berkerak tebal serta remah cake menjadi kasar.

4. Hindari membuka oven 15 menit pertama atau hingga cake kokoh. Membuka oven akan menurunkan temperature di dalam oven secara mendadak yang akan mengakibatkan cake menjadi turun.

5. Untuk memastikan cake sudah matang atau belum bisa ditandai dengan aroma cake yang harum, warna cake kuning kecokelatan dan permukaan cake terlihat kering.

6. Tusuk permukaan cake dengan tusuk gigi atau tusuk sate, jika tusuk gigi licin berarti cake sudah matang, jika basah berarti cake belum matang.