• Novi Amaliyah

Tips Menyimpan Selada Agar Tahan Lebih Lama


Terkadang menyimpan sayuran khususnya daun selada memang susah-susah gampang. Ternyata beda selada juga beda cara penyimpanannya agar sayur satu ini tahan lebih lama. Kamu bisa menyimpan daun selada selama satu minggu atau lebih jika melakukan penyimpanan yang baik dan benar. Berikut langkah untuk menyimpan selada agar tahan lebih lama.


Selada Keriting Hijau

1. Cuci selada menggunakan air yang mengalir, buang helai daun yang layu dan rusak

2. Tiriskan dan keringkan selada, jika memiliki salad spinner akan lebih baik. Karena alat ini akan membantu menghilangkan kelebihan air tanpa membuat daun selada jadi rusak. Jika tidak memilikinya, tepuk - tepuk daun selada dengan lembut menggunakan handuk atau tisu dapur.

3. Setelah kering bungkus selada dengan tisu dapur dan letakkan di dalam kantong plastik atau wadah penyimpanan kedap udara. Bisa juga menggunakan kembali wadah tempat asalnya, asalkan sudah dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu.

4. Untuk menjaga suhu dan tingkat kelembapan yang tepat, simpan selada di laci penyimpanan sayur (crisper) di lemari es.

5. Ganti tisu dapur saat terasa sudah basah, ini adalah kunci untuk menjaga agar selada tidak berlendir.

6. Periksa selada setiap atau dua hari. Buang semua daun yang mulai rusak. Ini akan menjaga agar selada tidak rusak.


Head Lettuce (Iceberg Lettuce)

1. Untuk head lettuce (iceberg lettuce) hindari mencuci selada ini jika belum akan digunakan. Cuci selada sesaat akan digunakan.

2. Simpan di laci rak di lemari es dengan membungkusnya menggunakan tisu dapur. Tisu dapur akan menyerap kelembapan berlebih, sehingga selada tidak cepat rusak sebelum waktunya. Tukar tisu dapur saat sudah mulai basah untuk menjaga selada tetap segar.


Menyegarkan Kembali Selada

Jika selada mulai layu, kamu dapat mengembalikan kerenyahannya dan kesegarannya dengan merendamnya dalam air es selama beberapa menit sebelum digunakan untuk membuat salad. Keluarkan dari air es, keringkan, dan selada siap digunakan. Secara umum, daun selada keriting harus digunakan dalam waktu 7 hingga 10 hari. Kamu mungkin tidak akan beruntung jika menyimpannya lebih lama dari itu. Sedangkan untuk head lettuce memiliki masa simpan dalam lemari es lebih lama. Selada satu ini bisa tahan berkisar dari 1 - 2 minggu, tergantung varietasnya. Terkadang meski helaian daun bagian luarnya terlihat sudah rusak, buka tiap helainya karena biasanya helai daun selada bagian dalam masih bagus dan bisa dikonsumsi.

© 2019 yukmakan channel