• Novi Amaliyah

Tips Praktis Membuat Burger



Burger, hidangan serbaguna yang bisa dinikmati setiap saat ini jadi makanan favorit berbagai kalangan. Meski dikenal sebagai salah satu sajian junk food paling populer, burger juga bisa dibuat sebagai sajian gourmet yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang lengkap. Karena burger terdiri dari karbohidrat dari roti bunnya, protein dari beef patty dan keju yang digunakan serta sayuran pelengkapnya seperti selada, tomat dan bawang bombay.

Gourmet burger menjadi salah satu menu yang banyak diangkat restoran saat ini. Dimana sajian burger dibuat istimewa karena semua menggunakan bahan premium dan segar tanpa penambahan bahan panganan lainnya.


Komponen utama dalam setangkup burger adalah burger bun, saus dan patty yang dipilih untuk burger. Jika untuk membuat burger bun sendiri di rumah sedikit merepotkan, kita bisa membeli burger bun siap pakai di toko roti favorit. Sedangkan untuk beef pattynya bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut tips membuat beef patty istimewa untuk burger dari Chef Aditya Muskita.


1. Pilih daging sapi bisa memilih cut short rib, rib eye cap short rib bisa juga dengan campuran keduanya.

2. Komposisi daging tanpa lemak sebanyak 80 % dan untuk paduannya bisa 20% daging berlemak. Lemak ini akan membuat beef patty menjadi lebih juicy.

3. Hanger steak menjadi pilihan yang tepat untuk dibuat menjadi beef patty.

4. Untuk mendapatkan citarasa beef patty yang istimewa sebaiknya penambahan garam dan lada saat beef patty akan dipanggang. Garam juga digunakan sebagai pengikat protein.

5. Untuk mendapatkan aroma smokey bisa memanggang beef patty di atas pemanggang dengan kayu bakar.

6. Mau coba citarasa saus burger yang berbeda bisa memadukan saus tomat dengan gochujang sauce khas Korea.

7. Untuk pilihan kejunya bisa menggunakan keju cheddar atau red cheddar serta mustard sebagai salah satu ciri khas burger.

8. Sebelum dipanggang, sebaiknya beef patty sudah dalam room temperature dengan resting 4 menit sebelumnya.

9. Saat memanggang beef patty, cuku lakukan sekali membalik beef patty. Membolak-balik daging secara terus menerus akan membuat daging menjadi keras dan kering, dan jika membalik terlalu cepat, burger akan menempel. Masak dua menit per sisi untuk rare, tiga menit untuk medium-rare, empat menit untuk medium-rare, dan lima menit untuk matang sempurna.

10. Ini adalah kesalahan yang sering terjadi saat memanggang beef patty. Hindari menekan beef patty saat dipanggang karena jus daging akan mengalir ke bara api dan menghilangkan semua kelembapan dan citarasa beef patty. Biarkan burger tetap mempertahankan kesegaran alami dan kelembaban beef patty dan biarkan matang dengan sempurna sesuai selera.

© 2019 yukmakan channel