• Maria Yuliana Kusrini

Tips Sarapan ala Denny Santoso

Sudah jadi rahasia umum, jika sarapan menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan setiap pagi. Dengan sarapan secara teratur dan tentunya pilihan menu yang tepat maka akan menciptakan tubuh yang sehat, kuat, dan dapat menjalankan aktivitas di hari itu secara lebih maksimal.

Bicara mengenai kebiasaan sarapan, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Denny Santoso sebagai salah satu pemerhati kesehatan yang kini lebih dikenal sebagai pakar digital marketing dan entrepreneur di Indonesia memberikan beberapa tipsnya mengenai sarapan.


1. Jika diumpamakan, sarapan itu bagaikan memasukkan batang kayu ke dalam tungku pembakaran. Tubuh membutuhkan pasokan bahan bakar yang pertama sebagai pemicu proses metabolisme yang optimal. Metabolisme tubuh yang optimal diperlukan untuk memastikan tubuh berfungsi dengan optimal, sekaligus sangat penting untuk membantu program diet.


2. Menu sarapan harus berisi nutrisi yang memadai. Hendaknya mampu menciptakan kenyang selama beberapa jam, juga memasok nutrisi penting untuk menunjang aktivitas selama satu hari, seperti protein, lemak sehat, dan serat.


3. Sarapan merupakan salah satu bagian dari pola makan yang paling penting jika ingin diet atau menurunkan berat badan. Tetapi banyak dari kita yang berusaha menurunkan berat badan justru menghindari sarapan. Masih banyak orang yang berdiet tetapi melewatkan sarapan mereka. Padahal, memulai hari dengan mengisi “bahan bakar” yang tepat bagi tubuh akan membuat tubuh membakar lemak selama seharian penuh, sehingga diet pun akan jadi lebih optimal.


4. Sarapan juga akan membuat seseorang memilih makanan yang lebih sehat. Orang yang mengonsumsi sarapannya cenderung memilih makanan sehat yang lebih bergizi dan rendah lemak daripada orang yang melompati sarapannya. Jika seseorang melompati sarapan, maka akan mungkin lebih sering melompati sayur-sayuran dan buah-buahan.