© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Tips Sukses Membuat Bolu Kukus dan Kue Mangkok

Membuat jajanan tradisional terkadang susah-susah gampang, meski terlihat sederhana membuat bolu kukus dan kue mangkok butuh ketelitian agar menghasilkan bolu kuku dan kue mangkok yang cantik dan merekah. Menjelang perayaan Imlek, kue mangkok berwarna menjadi salah satu sajian yang banyak dicari atau dibuat. Karena kudapan manis satu ini menjadi salah satu sajian yang dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan dan berkah ketika dinikmati saat perayaan Imlek. Tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah? Simak tips praktis di bawah ini. Selamat mencoba!


1. Kunci utama adalah pada proses pengocokkan, pastikan adonan bolu kukus dan kue mangkok dikocok hingga mengental.

2. Pada saat pengukusan gunakan api besar untuk menghasilkan uap yang banyak untuk membuat bolu kukus mekar sempurna

3 .Kukus bolu kukus dan kue mangkok ketika uap panasnya cukup, agar adonan mengembang dengan sempurna.

4. Gunakan serbet atau lap bersih untuk menutup tutup kukusan atau panci agar tidak ada uap air yang menetes pada adonan, karena uap air akan membuat bolu kukus menjadi bantet.

5. Untuk membuat kue mangkok, hampir serupa dengan bolu kukus. Pastikan ragi yang digunakan berkualitas bagus.Jika menggunakan baking powder, untuk mengetes apakah baking powder yang akan digunakan masih berkualitas bagus. Lakukan percobaan dengan mencampurnya dengan air hangat, jika mengeluarkan uap berarti baking powder masih berkualitas baik.

6. Jika membeli baking powder sebaiknya pilih yang masih dalam kemasannya seperti kemasan kaleng. Karena baking powder eceran yang dikemas dalam plastik sudah tidak berfungsi dengan baik karena sudah terkontaminasi dengan udara luar.