• Maria Yuliana Kusrini

Warta Kopi Tawarkan Minuman Unik dari Daun Kopi

Di kawasan Wonosobo, Jawa Tengah, terdapat sebuah tempat ngopi baru yang dihadirkan dengan konsep kafe dengan pemandangan ala Bali. Bernama “Warta Berita di Godong Kopi” atau yang juga biasa disebut Warta Kopi, kafe yang dilaunching sejak akhir Juni 2021 ini menjadi bagian dari Hotel Dafam Wonosobo.


Menempati area di lantai dasar atau Ground Floor, Warta Kopi dihadirkan dengan konsep semi outdoor. Tamu yang berada di sini akan dimanjakan dengan pemandangan indah ala Ubud Bali serta area yang nyaman. Tak hanya mendapatkan lokasi yang seru dan menyenangkan, tamu juga akan disuguhi minuman unik yang jarang ditemukan di tempat ngopi lainnya.


Warta Kopi menyediakan minuman berbeda yang menjadikan daun kopi sebagai bahan utamanya. Minuman itu bernama Wedang Godong Kopi yang disajikan dalam keadaan panas. Sesuai dengan namanya, yakni ‘godong’ (yang berarti daun dalam bahasa Jawa), minuman ini terbuat dari daun kopi yang dipanggang kemudian diseduh menggunakan air panas. Cara pembuatannya memang menyerupai dengan minuman teh, hanya saja daun yang digunakan bukan dari daun teh melainkan dari daun kopi. Tak hanya nikmat, minuman dari daun kopi ini juga punya banyak manfaat positif bagi tubuh.


Saat diminum, Wedang Godong Kopi ini punya sensasi rasa yang terbilang unik. “Ada sensasi bau ‘sangitnya’ atau aroma terbakar, itu karena daunnya digarang atau dipanggang dulu baru kemudian diseduh. Untuk rasanya sendiri unik, paduan dari teh dan kopi sekaligus ada sensasi aroma sangit itu. Rasa kopinya pun ada, light,” terang Rivando Wirjadi selaku pemilik dari Hotel Dafam Wonosobo.



Selain menyediakan minuman unik dari daun kopi, Warta Kopi juga menawarkan aneka minuman menarik lainnya. Tentunya berbagai minuman yang menjadikan biji kopi lokal sebagai bahan utamanya. Tak ketinggalan aneka minuman segar dan hangat lainnya juga tersedia dan bisa dipesan oleh setiap tamu. Aneka makanan pendamping ngopi pun dihadirkan dengan citarasa lezat serta tampilan menarik. Salah satu yang bisa dijajal adalah Pleset Pokat. Sajian yang masuk dalam kategori sajian manis ini memadukan cake cokelat serta buah alpukat. Hadir dengan tampilan cantik, dessert ini juga punya citarasa manis gurih memikat.


Warta Kopi ini dihadirkan dengan suasana baru yang cocok untuk dijadikan lokasi ngopi dan bersantai. Targetnya adalah kaum milenial dan Generasi X yang butuh tempat ngopi dengan konsep jadul namun tetap dikemas dengan tampilan kekinian. Diharapkan juga, Warta Kopi ini juga bisa menjadi wadah bagi para petani lokal untuk membawa produknya ke tempat ini. Warta Kopi buka antara jam 15.00 -23.00 WIB dengan menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah.


Warta Kopi

Hotel Dafam Wonosobo, Jl. Dieng No. 38, Wonosobo, Jawa Tengah

082122928585