top of page
  • Novi Amaliyah

10 Makanan Termahal Di Dunia


Terkadang harga menjadi pertimbangan orang untuk membeli makanan. Harga murah dan terjangkau bisa jadi mengundang banyak pembeli. Namun bagaimana dengan harga makanan yang memiliki harga yang cukup mahal. Misalnya ada buah semangka dari Jepang yang menjadi salah satu makanan termahal di dunia. Berbeda lagi dengan Indonesia yang menjadikan kopi luwak sebagai salah satu dalam 10 daftar makanan termahal yang ada di dunia. Yuk simak 10 jenis makanan termahal di dunia seperti dilansir Food Beast.


1. Sup Sarang Burung Walet Satu kilo sup sarang burung walet bisa mencapai harga hingga 2.000 dolar atau setara dengan Rp 28 juta. Ini berarti satu mangkok dapat berharga antara 30 dan 100 dolar atau Rp 1,4 juta. Karena mangkok untuk menyajikan sup itu terbuat dari sarang burung yang dapat dimakan. Padahal sup ini berasal dari air liur burung walet. Sarang burung ini sangat berharga dalam budaya Cina karena langka dan konon nilai gizinya tinggi. Hidangan bercitarasa istimewa ini dikenal sangat mahal.


2. Semangka Densuke Semangka termahal di dunia ini harganya sekitar 200 dolar atau setara Rp 28 juta. Yang membuat semangka ini memiliki harga mahal karena hanya bisa ditanam setahun sekali dan hanya ada di Hokkaido Jepang. Di pelelangan semangka, buah yang bercitarasa sangat manis ini harganya mencapai 6.000 dolar atau setara Rp 84 juta.


3. Yubari Melon Selain semangka, melon dan jamur, Jepang juga punya melon dengan harga yang cukup fantastis mahalnya. Yubari King melon ini hanya dibudidayakan di Yubari Hokkaido. Melon Yubari berbentuk bulat sempurna dengan kulit luar yang lembut serta citarasa manisnya yang nikmat. Orang Jepang biasanya membeli melon Yubari sebagai hadiah saat Chugen atawa festival arwah.Harga melon Yubari rata-rata dibanderol US$250 atau sekitar Rp3,6 juta. Namun, harga ini masih lumayan terjangkau sebab sebelumnya sebuah melon pernah terjual US$23.400 atau setara dengan Rp 343 juta dalam sebuah lelang.

4. Golden Opulence Sundae Ketika mendengar 'sundae', kita mungkin berpikir tentang es krim andalan dari restoran cepat saji ternama. Percaya atau tidak, segelintir orang-orang kaya ada yang bersedia membayar 1.000 dolar untuk seporsi sundae di Serendipity 3, sebuah restoran di New York City. Menu bernama Golden Opulence Sundae dibuat dan dilayani hanya dengan pesanan khusus. Menu satu ini bahkan telah masuk ke dalam Guinness World Book of Records karena menjadi sundae termahal di dunia. Es krim ini hadir dengan daun emas, kaviar manis, dan disajikan dalam wadah piala kristal dengan sendok emas 18 karat di sampingnya.


5. La Madeline au Truffle Fritz Knipschildt adalah chef dan chocolatier Denmark. Ia berhasil menciptakan La Madeline au Truffle, cokelat truffle termahal di dunia. Sepotong jamur 1,05 ons harganya 250 dolar. La Madeline au Truffle terbuat dari jamur Truffle Perigord Prancis yang langka kemudian dilapis dengan chocolate ganache melimpah. Dibuat dengan tangan, masing-masing madeleine diletakkan di atas sugar pearl lalu dikemas dalam wadah kotak emas mewah yang diikat dengan pita.


6. White Alba Truffles Jamur Alba truffle putih menjadi salah satu jamur termahal di dunia. Jamur langka ini tumbuh di bagian utara Italia. Harga termahal yang pernah tercatat untuk sebuah jamur truffle adalah 330.000 dolar atau Rp 4.8 miliar untuk berat jamur seberat 1,5 kg.


7. Jamur Matsutake Jamur Matsutake juga menjadi salah satu jamur yang cukup mahal. Harga jamur ini tergantung pada kualitas, asal, dan ketersediaannya. Di Jepang, pembudidaya sering menjual jamur dengan kualitas terbaik sekitar 1.000 dolar per kilo. Namun, rata-rata, sekilo jamur matsutake impor sekitar 90-100 dolar.


8. Kopi Luwak Kopi Luwak adalah jenis kopi yang dibuat dengan biji kopi yang sudah dicerna oleh hewan luwak. Luwak atau yang termasuk dalam keluarga Musang palem Asia memakan biji kopi dan mengalami fermentasi di dalam perutnya. Dan setelah dibuang luwak melalui buang air besar, biji kopi itu baru diolah. Satu cangkir kopi luwak bisa berharga antara 35 dan 80 dolar atau setara dengan Rp 1,2 juta secangkirnya.


9. Samundari Khazana Curry Siapa tak suka dengan citarasa kari? Sajian dengan aroma khas ini berwarna kuning. Satu porsi Samundari Khazana, yang berarti 'Harta karun makanan laut', dihargai sekitar 2.700 dolar. Semangkok kari ini berisi siput laut, lobster utuh, kaviar, dan emas yang bisa dimakan. Kari termahal di dunia ini bisa dinikmati di Bombay Brasserie, di Taj Hotels London.


10. Almas Caviar Kaviar merupakan salah satu makanan termahal di dunia. Tapi kaviar Almas ada di level lain. Berasal dari ikan beluga Iran, kaviar Almas dijual seharga sekitar 35.000 dolar per kg, yang menjadikan kaviar jenis ini paling mahal di antara kaviar lainnya. Harganya sangat mahal karena dihasilkan oleh ikan albino langka yang di usia 60-100 saat mengumpulkan kaviar.



bottom of page