• Novi Amaliyah

10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Produksi Kolagen Secara Alami


Chia Fruits Bowl
Buah yang kaya akan vitamin C membantu tubuh memproduksi kolagen secara alami

Secara sederhana kolagen dapat dengan mudah digambarkan sebagai "lem" yang menyatukan tubuh menjadi komponen utama jaringan ikat, dan merupakan protein paling melimpah di dalam tubuh yang ditemukan di otot, tulang, kulit, tendon, rambut, dan bahkan sistem pencernaan.


Kolagen sangat penting bagi tubuh karena kolagen membantu tubuh melakukan berbagai fungsi mulai dari memperbaiki kulit hingga memperkuat tulang. Kata kolagen berasal dari kata dalam bahasa Yunani "kólla," yang berarti "lem." Serat di dalam kolagen yang serbaguna memiliki fungsi menyatukan otot, tulang, tendon, ligamen, organ, dan kulit.


Seiring bertambahnya usia produksi kolagen di dalam tubuh ikut menurun. Ini dapat dengan mudah ditandai seperti mulai munculnya kerutan, kulit kendur dan nyeri sendi. Tak hanya usia beberapa faktor juga dapat memperngaruhi kemampuan tubuh untuk mensintesis kolagen seperti cacat bawaan, rendahnya asupan makanan kaya kolagen, kekurangan nutrisi, dan masalah pencernaan. Selain itu, gaya hidup seperti mengonsumsi gula tingkat tinggi, merokok, dan paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat menguras kadar kolagen dalam tubuh dan menyebabkan penuaan dini. Kabar baiknya selain dapat mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan kolagen, kamu juga bisa meningkatkan produksi kolagen secara alami melalui makanan dan mineral tertentu yang bisa didapatkan dari makanan seperti sayuran dan buah. Berikut 10 makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen secara alami.

1. kaldu tulang Konsentrasi tertinggi kolagen dalam daging hewan ditemukan pada beberapa bagian seperti tendon, ligamen, tulang rawan, kulit dan tulang. Kamu bisa membuat kaldu tulang sendiri dengan merebus tulang untuk mengeluarkan ekstrak kolagen di dalamnya.

2. Spirulina Bagi mereka yang menjalankan pola makan vegan, Spirulina adalah sumber glisin yang baik sebagai salah satu sumber kolagen yang dapat dipadukan ke dalam smoothie sayuran hijau yang sehat. 3. Putih Telur Putih telur mengandung sejumlah besar prolin, asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen.

4. Gelatin Salah satu makanan yang kaya kolagen adalah gelatin, dimana terbuat dari ekstrak tulang hewan. Gelatin bisa digunakan sebagai tambahan saat memasak sup, kaldu maupun aneka olahan masakan lainnya hingga dalam pembuatan kue maupun jeli yang sehat. Jeli yang terbuat dari gelatin ini kaya nutrisi. Gelatin biasanya dijual dalam bentuk bubuk maupun lembaran.


5. Buah Kiwi

Buah kiwi kaya dengan Vitamin C, buah Kiwi membantu tubuh untuk menjalankan fase pra-produksi kolagen agar tubuh menghasilkan lebih banyak kolagen secara alami.


6. Berry

Buah beri juga kaya akan Vitamin C yang dapat membantu produksi kolagen, mengandung Vitamin E dan mengandung antioksidan tinggi yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel kolagen yang ada dari racun dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas.


7. Almond

Kacang almond mengandung Vitamin E dan kaya zat tembaga tinggi, yang dapat membantu pembentukan kolagen yang bekerjasama dengan Vitamin C dan menyediakan elemen penting yang dibutuhkan pada langkah terakhir sintesis kolagen.


8. Wortel

Vitamin A di dalam wortel maupun di dalam sayuran dan buah yang kaya vitamin A dapat membantu untuk memperbaiki dan memulihkan kolagen pada kulit yang rusak.


9. Sayuran Berdaun Hijau

Kita semua tahu bahwa sayuran berdaun hijau tua adalah makanan super yang punya banyak manfaat bagi tubuh. Sayuran hijau kaya akan vitamin A, C dan E yang semuanya merupakan komponen penting dari sintesis kolagen.


10. Tiram

Tiram kaya akan seng, tiram baik merangsang sintesis kolagen serta memperlambat laju kerusakan sel kolagen di jaringan granulasi, dan membantu proses penyembuhan luka jadi lebih cepat.