• Novi Amaliyah

10 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Ikan Salmon


Ikan salmon dengan saus cream
Salmon, ikan kaya lemak Omega3 ini banyak memiliki manfaat untuk kesehatan

Ikan salmon bisa dibilang sebagai salah satu makanan paling bergizi dunia. Ikan yang kaya kandungan lemak Omega3 ini tidak hanya sarat dengan nutrisi, tetapi juga dapat mengurangi faktor risiko tertentu pada beberapa penyakit berbeda. Selain rasanya yang enak, serbaguna, dan mudah didapat, salmon bisa dijadikan salah satu makanan sehat untuk dikonsumi. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan yang luar biasa dari ikan salmon seperti dilansir dari Healthline.


1. Kaya lemak Omega3

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang telah terbukti dalam banyak penelitian dapat mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi faktor risiko penyakit.


2. Sumber protein terbaik

Tubuh membutuhkan protein antara lain untuk menyembuhkan, melindungi kesehatan tulang, dan mencegah hilangnya otot. Dalam setiap 100 gr ikan salmon dapat menyediakan 22-25 gram protein per porsi 3,5 ons.


3. Tinggi kandungan Vitamin B

Ikan salmon merupakan sumber beberapa vitamin B yang sangat baik yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi, mengendalikan peradangan, serta melindungi kesehatan jantung dan otak.


4. Sumber potassium tinggi

Ikan salmon mengandung potassium yang cukup tinggi. Potassium membantu mengatur tekanan darah dimana potassium juga dapat mengurangi risiko stroke. Dalam porsi 100 gram ikan salmon dapat menyediakan hingga 13% dari kebutuhan harian untuk potassium. Dimana dapat membantu mengelola tekanan darah dan mencegah retensi cairan berlebih.


5. Tinggi kandungan selenium

Selenium merupakan mineral yang dapat mendukung kesehatan tulang, meningkatkan fungsi tiroid, dan melindungi dari kanker. Dalam porsi 100 gram ikan salmon dapat menyediakan 75-85% dari kebutuhan harian.


6. Mengandung Astaxanthin

Astaxanthin adalah antioksidan yang ditemukan dalam salmon yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, otak, sistem saraf, dan kulit.


7. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung

Mengkonsumsi salmon dapat membantu melindungi dari penyakit jantung dimana dengan meningkatkan kadar lemak omega-3, menurunkan kadar lemak omega-6, dan menurunkan trigliserida.


8. Membantu menjaga berat badan

Mengkonsumsi salmon dapat membantu mengatur berat badan dengan mengurangi nafsu makan karena kandungan protein di dalamnya, ikan salmon juga dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi lemak perut.


9. Melawan inflamasi

Salmon dan ikan kaya lemak omega lainnya dapat membantu menurunkan inflamasi atau peradangan, yang dapat mengurangi faktor risiko beberapa penyakit dan memperbaiki gejala pada orang dengan kondisi peradangan.


10. Menjaga kesehatan otak

Konsumsi salmon yang sering dapat membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi, melindungi kesehatan otak janin dalam kehamilan, dan mengurangi risiko masalah penurunan memori yang berkaitan dengan usia.