© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

10 Manfaat Sawi Putih Bagi Kesehatan

Sawi putih merupakan jenis sayuran yang bisa diolah dengan cara apapun. Mulai dari ditumis, dicah, dibuat sup, ataupun direbus kemudian disantap dengan sambal ataupun bumbu kacang. Selain rasanya yang enak dengan tekstur renyah, ternyata sawi putih ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dan berikut ini 10 manfaat dari si sawi putih yang tak terduga.

Mengatasi Osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang selalu jadi momok orang tua. Dengan mengonsumsi sawi putih secara teratur, maka bisa menjaga kesehatan tulang dan pada akhirnya dijauhkan dari masalah osteoporosis. Itu karena sawi mengandung Vitamin D, Vitamin K, Kalsium, kalium, hingga Zat Besi yang punya manfaat baik bagi tulang.


Mencegah Alzheimer

Kandungan Vitamin K dalam sawi putih juga berperan baik untuk mencegah Alzheimer. Bahkan juga bisa meminimalisir terjadinya kerusakan sel dalam otak.


Menurunkan Kolesterol

Jika seseorang memiliki masalah kadar kolesterol jahat yang tinggi, maka bisa menyebabkan munculnya banyak penyakit kronis yang lebih mengerikan. Sawi putih yang kaya akan vitamin, mineral, dan tinggi antioksidan ini mampu mengontrol sekaligus menurunkan kolesterol pada tubuh.


Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Sawi putih memang mampu menurunkan kolesterol, sehingga berbagai penyakit serius seperti jantung dan stroke pun bisa dicegah dengan baik.


Mengontrol Kadar Gula Darah dan Mencegah Diabetes

Kandungan kalsium dan mangan pada sawi putih juga punya peranan penting dalam mengontrol atau menurunkan kadar gula darah. Dimana kelebihan kadar gula darah itu jadi penyebab utama dari diabetes.


Menjaga Sistem Peredaran Darah & Meminimalisir Pembekuan Darah

Sawi putih juga kaya akan Vitamin E yang begitu diperlukan untuk perkembangan sel darah merah. Vitamin E ini juga pun melancarkan peredaran darah, meminimalisir pembekuan darah, dan juga membantu menyembuhkan luka.


Anti Aging & Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat lain dari Vitamin E bagi tubuh adalah antioksidan dan anti aging atau menjaga keremajaan kulit. Rutin mengonsumsi sawi putih yang kaya akan Vitamin E dan K akan memberikan manfaat sehingga mampu menjaga kulit terlihat awet muda.


Mengatasi Kanker

Sawi putih ini memiliki kandungan glucosinolate yang memiliki peran penting untuk menangkal pertumbuhan sel kanker. Untuk itu, dengan rutin mengonsumsi sawi putih, maka dapat meminimalisir seseorang dari penyakit kanker. Vitamin E pada sawi juga mampu menangkal dan mengurangi kanker kulit.


Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan Vitamin A dan betakaroten dalam sawi juga punya peranan baik untuk menjaga kesehatan mata. Jika selama ini orang lebih familiar dengan wortel yang punya manfaat baik bagi mata, sawi putih pun ternyata juga punya manfaat yang sama.


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyaknya kandungan baik yang terdapat dalam sawi putih juga punya peranan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya dengan adanya Vitamin C yang terkandung di dalam sawi putih. Vitamin C sendiri sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mampu menangkal radikal bebas.


Foto: Dok. Istimewa