• Novi Amaliyah

10 Sajian Istimewa Yang Mudah Dibuat Untuk Merayakan Imlek di Rumah


Kungpao Chicken
Kungpao Chicken

Tahun Baru Imlek menjadi penanda awal tahun dalam kalender Cina, Imlek juga menjadi perayaan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Tionghoa untuk berkumpul dan dirayakan berasama sanak keluarga. Tak berbeda dengan perayaan tradisi lain, Imlek juga tak lepas dengan berbagai sajian istimewa khas. Masyarakat Tionghoa bahkan punya beberapa sajian khas untuk merayakan Imlek sebagai penanda untuk bersyukur dan berterima kasih pada tahun yang telah berlalu, serta untuk menyambut tahun baru dengan harapan baru untuk tahun yang lebih baik, membawa kesehatan, kelimpahan, dan kebahagiaan di tahun mendatang. Berikut 10 sajian Istimewa Yang Mudah Dibuat Untuk Merayakan Imlek di Rumah.


1. Nasi Goreng


Nasi Goreng
Nasi Goreng

Nasi goreng adalah makanan klasik dalam tradisi Tionghoa. Nasi goreng akan terasa lebih sedap bila dibuat menggunakan nasi sisa dan bukan nasi yang baru dimasak. Nasi goreng yang dibuat dari nasi yang baru dimasak cenderung akan menggumpal. Untuk menghindari nasi goreng menggumpal bisa menyimpan nasi sehari sebelumnya di dalam lemari es. Untuk perayaan Imlek bisa menambahkan aneka hidangan laut seperti udang, cumi, fillet ikan untuk nasi goreng seafood atau bisa juga membuat nasi goreng ayam dengan ditambahkan telur. Kamu juga bisa menggunakan sosis maupun tambahan irisan bakso. Jangan lupa untuk menambahkan saus siram untuk citarasa nasi goreng yang lebih nikmat.

2. Pangsit

Pangsit
Pangsit

Pangsit dalam Tradiri Tionghoa menjadi salah satu makanan yang membawa keberuntungan dan kemakmuran. Karena itu pangsit menjadi salah satu menu yang harus ada dalam perayaan makan berasama Imlek. Pangsit bisa disajikan dengan dikukus maupun digoreng untuk memberikan kombinasi unik tekstur renyah dan kenyal pada saat yang bersamaan. Jika tak ingin repot membuat kulit, bisa menggunakan kulit pangsit atau kulit gyoza siap pakai yang dapat ditemukan di supermarket. Kamu bisa membuat versi vegetarian dengan isian jamur dan sayuran atau dengan isian daging ayam, babi ataupun udang.


3. Lo Mein

Lo Mein
Lo Mein

Lo Mein adalah sajian mie telur yang digoreng khas Tiongkok. Orang Tionghoa percaya dengan mengonsumsi Lo Mein saat Imlek akan memperpajang usia di tahun mendatang. Tambahkan irisan sayur seperti kol, irisan wortel, sawi atau bok coy agar lebih meriah. Bisa juga dengan menambahkan irisan daging sapi. Jangan lupa tambahkan minyak wijen dan saus tiram untuk citarasa lebih sedap.







4. Babi Masak Asam Manis ala Shanghai

Babi Masak Asam Manis Ala Shanghai
Babi Masak Asam Manis Ala Shanghai

Diyakini membawa kedamaian dan kelimpahan, olahan daging babi biasanya tak pernah absen dari daftar menu sajian di Tahun Baru Imlek. Daging babi yang dimasak dengan saus saus asam manis ala Shanghai bisa dijadikan salah satu pilihan. Olahan saus asam manis juga dianggap sebagai pertanda baik untuk membawa banyak keturunan ke sebuah keluarga. Meskipun resep ini membutuhkan banyak bahan dan memiliki banyak langkah dalam persiapannya, cara membuatnya sangatlah mudah. Goreng daging babi yang sudah direndam dengan bumbu, kemudian aduk larutan cuka hitam dan gula tebu atau demerara persiapan manis dan asam dari gula demerara dan cuka hitam. Sebaiknya sebelum dimasak daging babi direndam dalam bumbu rendaman selama min 2 jam.


5. Ayam Kung Pao

Ayam Kungpao
Ayam Kungpao

Ayam Kung Pao sering disajikan salah satu sajian selama musim Tahun Baru Imlek, dan meskipun tidak memiliki arti khusus, sajian ayam satu ini sangat sangat populer dan disukai. Kamu bisa sesuaikan tingkat kepedasan sesuai selera.


6. Lumpia

Lumpia Goreng
Lumpia Goreng

Sajian ini dipercaya dikonsumsi untuk mendapatkan keberuntungan dan untuk menjamin tahun depan yang makmur. Lumpia dengan segala variasinya adalah salah satu makanan pokok perayaan Tahun Baru. Kamu bisa menggunakaan isian daging babi, daging ayam giling dipadu dengan udang untuk citarasa lebih nikmat. Sajikan panas bersama saus cocolan favorit.


7. Ayam Szechuan

Ayam Szechuan
Ayam Szechuan

Olahan ayam Szechuan adalah salah satu menu yang cukup populer dari Tiongkok. Ciatarasa pedasnya yang khas karena menggunakan merica Szechuan cocok untuk kamu pecinta sajian bercitarasa pedas. Untuk mendapatkan tekstur daging ayam yang renyah bagian luar dan lembut di dalam bisa dengan melapis daging ayam dengan tepung maizena. Kemudian goreng sebentar dalam minyak panas, tambahkan irisan paprika untuk menambah aroma. 8. Mie Masak Szechuan

Mie Masak Szechuan
Mie Masak Szechuan

Sajian mie dengan ayam dan udang ini memiliki citarasa pedas dan menghangatkan khas sajian Szechuan. Kamu bisa menggunakan paduan daging ayam maupun seafood, serta sayuran yang melimpah. Sajian mie dihidangkan saat Tahun Baru Imlek dipercaya untuk memberikan umur panjang.

9. Tim Ikan ala Hongkong

Tim Ikan Ala Hongkong
Tim Ikan Ala Hongkong

Makan ikan utuh selama Tahun Baru Imlek adalah salah satu tradisi yang paling umum dilakukan selama perayaan. Sajian ikan utuh saat Imlek dipercaya membawa keuntungan yang berlimpah. Tim Ikan ala Hongkong cukup mudah untuk dibuat dengan bumbu sederhana yaitu jahe, bawang putih, daun bawang, daun ketumbar tak ketinggalan minyak wijen yang menambah aroma khas yang nikmat.

10. Tumis Daging Sapi Lada Hitam Dan Sayuran

Tumis Daging Sapi Lada Hitam Dan Sayuran
Tumis Daging Sapi Lada Hitam Dan Sayuran

Tumis Daging Sapi Lada Hitam mungkin sudah biasa, kamu bisa menambahkan sayuran seperti pokcoy dan jamur padu menu tumis daging sapi lada hitam kreasimu untuk Imlek mendatang.