• Novi Amaliyah

10 Tips Praktis Membuat Cupcake


Cupcake, sekilas kudapan cantik satu ini mirip dengan muffin. Bedanya cupcake dipercantik dengan butter cream frosting. Kudapan manis yang populer sebagai salah satu American Pastry ini juga sempat melanda Indonesia. Saat ini meski tak sepopuler sebelumnya, cupcake tetap memiliki penggemarnya sendiri. Selain ukurannya yang personal bisa dinikmati sendiri sebagai hidangan penutup. Penasaran bagaimana untuk membuat sendiri di rumah, berikut 10 tips praktis membuat cupcake sendiri di rumah.


1. Usahakan jangan terlalu lama saat mengocok butter dan gula, karena mengakibatkan kebanyakan udara yang masuk. Ini akan membuat tekstur cupcake menjadi mudah rapuh.

2. Masukkan telur sedikit-demi sedikit, gunakan telur yang sudah dalam suhu ruang, hindari menggunakan telur yang baru keluar dari lemari pendingin.

3. Telur yang kita masukkan kedalam adonan harus 1/1.Agar adonan mengembang dengan baik.

4. Pastikan oven dipanaskan minimal 10 menit sebelum digunakan, panas yang tidak merata akan membuat cupcake tidak mengembang sempurna.

5. Untuk mengetahui tingkat kematangan cupcake, tekan permukaan cupcake sesaat setelah dikeluarkan dari oven. Jika teksturnya membal, tandanya cupcake sudah matang sempurna. Jika tidak, masukkan kembali ke dalam oven dan panggang beberapa saat lagi.

6. Butter atau margarine untuk membuat cupcake tidak boleh terlalu keras atau terlalu cair,jadi lebih baik biarkan mentega yang terlalu beku berada dalam suhu ruangan +30 menit/sesuai kebutuhan. Karena mentega yang digunakan haruslah lunak untuk mencegah cake terlalu menyebar dan menjadi terlalu padat.

7. Pastikan baking powder yang akan digunakan masih bekerja dengan baik meski belum memasuki masa kadaluarsa bisa jadi kekuatannya sudah tidak sebagus baking powder pada umumnya. Untuk menguji kelayakan baking powder, bisa dengan masukkan sepucuk sendok teh baking powder pada 100 ml air panas. Jika tidak ada gelembung udara yang terbentuk atau tak ada reaksi sama sekali.Bisa jadi baking powder sudah tidak bisa berfungsi lagi.Cara ini juga bisa digunakan untuk mengetes kelayakan ragi.

8. Pada pembuatan cupcake, adonan cupcake yang overmixing bisa jadi hal mendasar gagalnya kue yang dibuat

9. Hias cupcake pada saat sudah dingin(suhu ruang),karena semua bahan hiasan cupcake sarat gula dan bahan pewarna, kedua bahan tersebut sangat peka terhadap perubahan suhu.

10. Cupcake yang dihias dengan whipped cream, ganache, dan buah segar sebaiknya dihias sedekat mungkin dengan waktu penyajian dan harus selalu dalam keadaan dingin. Gunakan kreativitas kamu ketika menghias cupcake! Jangan takut untuk menambahkan icing, cokelat, potongan buah segar, marshmallow, meises, atau bahan-bahan favorit.