• Novi Amaliyah

10 Tips Sederhana Mengolah Butter Cream Untuk Menghias Cake



Butter cream icing adalah salah satu pilihan yang paling populer untuk diaplikasikan sebagai hiasan cake saat ini. Selain memiliki rasa yang rich dan lebih nikmat jika dibandingkan dengan fondant atau icing sugar yang hanya memiliki rasa manis. Butter cream juga bisa dibuat agar teksturnya lebih kokoh sehingga mudah dibentuk menggunakan piping bag dan bermacam spuit untuk menghasilkan berbagai bentuk sesuai yang diinginkan. Terutama ragam bentuk bunga seperti pada Korean Flowers Butter Cream.


Butter cream dibuat mengaduk mentega dan gula icing bersama-sama hingga ringan dan halus. Ada banyak resep butter cream yang ada saat ini dengan rasio antara variasi mentega dan gula yang digunakan. Bahkan beberapa juga ada yang menggunakan susu pada adonan untuk membantu agar adonan lebih lembut dan memudahkan saat dispuit.

Kamu bisa mencoba untuk membuat dan menghias cake menggunakan butter cream sendiri di rumah dengan. Tertarik untuk mencoba, simak tips sederhana mengolah butter cream untuk dekorasi cake. Selamat mencoba.




1. Ketika bekerja menggunakan spuit, sering-seringlah berlatih dengan butter cream untuk menghias. Karena dengan sering berlatih akan membuat hiasan butter cream kamu jadi lsempurna karena tangan menjadi lebih terbiasa.

2. Mengontrol tekanan saat menyemprotkan butter cream sangat penting untuk mendapatkan tebal tipis hasil semprotan. Mulai dari yang ringan, sedang dan tekanan tinggi. 3. Sebelum menghias cake dengan butter cream, pastikan permukaan cake rata, bisa juga menggunakan cake leveler untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

4. Berinvestasilah untuk berbagai spuit, beragam spuit akan memberikan efek yang berbeda-beda. Spuit dengan ujung datar akan menghasilkan berbagai motif bunga seperti membuat kelopak dan daun. Sementara spuit bintang akan memberikan tekstur yang indah saat membuat batas-batas hiasan pada cake.

5. Untuk mendapatkan permukaan cake dengan butter cream yang licin dan halus seperti tampilan cake dengan fondant icing. Gunakkan pisau palet dan biarkan butter cream agak mengeras. Gunakkan selembar kertas roti, tekan secara perlahan dan merata pada permukaannya.

6. Saat mewarnai butter cream sebaiknya diberi pewarna sedikit demi sedikit agar warnanya tidak terlalu tua.

7. Untuk pewarna sebaiknya gunakan pewarna makanan berbahan dasar minyak (oil base) agar hasilnya lebih menyatu dan sempurna.

8. Untuk mendapatkan rasa butter cream yang enak, bisa menambahkan paduan rasa sendiri pada butter cream yan dibuat, seperti vanilli atau bahkan kakao untuk butter cream dengan rasa cokelat.

9. Pilih piping bag berkualitas agar tidak mudah bocor saat menyemprotkan butter cream.U

10. Untuk mendapatkan gradasi warna, gunakan dua warna butter cream yang berbeda dalam satu piping bag.

© 2019 yukmakan channel