• Novi Amaliyah

11 Khasiat Buah Sirsak Yang Perlu Kamu Ketahui dan Cara Membuat Ramuannya


buah sirsak
Sirsak, menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan mulai dari demam hingga kanker

Sirsak (Annona Muricata) adalah buah yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini tumbuh di daerah hangat di daerah tropis. Sirsak sangat populer di Meksiko dan Karibia karena merupakan tanaman yang mudah ditemukan di sebagian besar wilayah Amerika Selatan. Selain di Amerika Selatan, buah satu ini juga banyak dibudidayakan di negara-negara di Asia seperti Indonesia dan Malaysia. Buah sirsak memiliki citarasa yang masam dan menyegarkan dan nikmat dijadikan jus yang menyegarkan. Selain buahnya yang bisa dinikmati sekaligus mendapatkan manfaat kebaikannya, bagian daun, batang, akar, biji juga bunganya bisa dimanfaatkan. Apa saja manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari buah satu ini, berikut 11 manfaat kesehatan buah sirsak yang harus kamu ketahui dan cara membuat seduhan dari daun sirsak. Seperti dilansir dari Healthline dan Healthbenefit.


Kaya Kandungan Antioksidan

Buah sirsak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, inilah yang membuat buah satu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Antioksidan adalah senyawa yang membantu menetralkan senyawa berbahaya yang disebut radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dapat berperan dalam mengurangi risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes.


Membunuh Kanker

Hasil riset dari The National Cancer menyebutkan dalam daun sirsak mengandung asetoginin, kuinolon, dan alkaloid yang berperan sebagai perusak sel kanker. Dimana ini 10.000 kali lebih baik daripada kemoterapi untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker.


Pengobatan Tumor

Ada dua jenis tumor, yaitu Tumor Jinak dan Tumor Ganas. Jinak adalah sel yang tumbuh lambat, namun sel ganas tumbuh lebih cepat. Sementara itu, daun sirsak juga mengandung antioksidan yang berfungsi sebagai anti tumor dan anti bakteri. Antioksidan adalah molekul yang memperlambat proses oksidasi molekul aneh lain dalam tubuh Jadi, ketika kita mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi ini secara otomatis itu akan menjadi senjata untuk mengeluarkan neoplasma atau sel-sel aneh lainnya dari tubuh. Untuk pengobatan tumor adalah dengan meminum air rebusan daun sirsak minimal satu gelas sehari, kemudian lakukan secara rutin untuk membantu tubuh sembuh dari sel tumor.


Melawan Bakteri

Selain sifat antioksidannya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sirsak juga mengandung sifat antibakteri yang kuat. Dalam satu penelitian tabung, ekstrak sirsak dengan berbagai konsentrasi digunakan pada berbagai jenis bakteri yang diketahui menyebabkan penyakit mulut. Sirsak mampu membunuh beberapa jenis bakteri secara efektif, termasuk strain yang menyebabkan radang gusi, kerusakan gigi dan infeksi jamur.


Mengurangi Inflamasi

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak sirsak dapat mengurangi peradangan dan mungkin berguna dalam pengobatan gangguan peradangan tertentu.


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sirsak mengandung nutrisi untuk sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C di dalamnya. Kamu bisa memilih mengonsumsi sirsak sebagai sumber asupan vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk menghindarkan tubuh dari penyakit seperti flu, demam, sakit kepala, atau batuk.


Pengobatan Diabetes

Masyarakat di Amerika Selatan telah menggunakan sirsak sebagai obat tradisional untuk beberapa penyakit. Penelitian juga ditemukan bahwa daun sirsak juga dapat digunakan untuk mencegah diabetes, atau pengobatan alami untuk membantu tubuh mengontrol gula darah. Kandungan acetogenin sekali lagi dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi dan menjaga kadarnya tetap normal. Sedangkan manfaat ini hanya bekerja pada diabetes tipe dua untuk mengontrol insulin.


Pengobatan Hipertensi

Kandungan natrium yang lebih sedikit dan fosfor yang tinggi pada daun sirsak merupakan kombinasi yang baik untuk mencegah hipertensi. Cara alternatif membuatnya adalah dengan meminum air rebusan lima lembar daun sirsak minimal satu gelas sehari.


Anti Virus

Bunga sirsak juga bermanfaat sebagai antiseptik dalam tubuh, juga digunakan untuk membersihkan tubuh dari bakteri dan virus.


Pereda Sakit (Analgesik)

Daun sirsak dapat digunakan untuk menangani rasa sakit, sangat efektif untuk menyembuhkan luka akibat cedera.


Menurunkan Demam

Daun sirsak dipercaya dapat mengatasi demam dan sudah dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk menurunkan demam.


Terlepas dari semua khasiat dan manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari buah sirsak, ternyata masih banyak yang terkandung dalam sirsak. Buah satu ini juga memiliki serat, zat besi, fosfor, nutrisi, antioksidan, kalsium, tiamin, riboflavin, niasin, dan karbohidrat.


Cara membuat Ramuan Daun Sirsak

  1. Ambil 6-10 lembar daun sirsak dan bersihkan (petik daun yang sudah tua).

  2. Rebus dalam 300 ml air dalam 15 menit atau hingga air mendidih.

  3. Sajikan ke gelas saji, bisa juga menambahkan tambahan jeruk lemon di atasnya.

  4. Ramuan daun sirsak siap disajikan.