• Novi Amaliyah

11 Manfaat Kesehatan Mint Infused Water


mint water
Mint infused water, selain menyegarkan minuman ini juga punya banyak manfaat kesehatan

Mint infused water dikenal sebagai salah satu minuman kesehatan modern paling populer yang diminum orang saat ini. Proses pembuatannya cukup sederhana, mulai dari merendamnya dengan air seperti membuat virgin mojito dimana daun mint cukup diremas untuk mengeluarkan minyak atsiri yang terkandung di dalamnya. Air mint atau mint infused water memiliki rasa yang menyegarkan ini karena dihasilkan oleh minyak mentol secara alami dan diketahui memiliki banyak manfaat terutama dalam membantu penurunan berat badan. Daun mint sebagai tanaman herbal telah dikenal khasiatnya untuk pengobatan, seperti mengatasi mual, kelelahan, sakit kepala, asma, dan masalah kulit. Daun mint juga dikenal sebagai pengobatan untuk depresi dan kehilangan ingatan. Fleksibilitas serta segudang khasiat penyembuhan membuat daun mint banyak digunakan pada produk kosmetik dan kesehatan, seperti pasta gigi, inhaler, bedak kulit, dan penyegar nafas. Berikut 11 manfaat kesehatan yang bisa didapat dengan mengonsumsi mint infused water.


1. Menenangkan Perut Orang turki biasa mengonsumsi teh daun mint, kamu juga menambahkan beberapa lembar daun mint ke dalam seduhan teh. Tak hanya hanya terasa sejuk di lidah dan tenggorokan, daun mint juga dapat menimbulkan perasaan ringan dan menyegarkan di perut. Bukan rahasia lagi bahwa daun mint sendiri cukup populer sebagai makanan pembuka, karena daunnya diketahui mampu melancarkan pencernaan dengan menenangkan gangguan pencernaan bahkan peradangan yang mungkin terjadi.


2. Membantu Proses Pencernaan Daun mint juga memiliki sifat unik yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan proses pencernaan yang sehat. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, zat dalam daun mint dapat memberikan rasa nyaman pada perut jika diminum sebagai teh. Aroma serta zat dan minyak esensial yang terkandung dalam air mint dapat membantu pencernaan dengan mengaktifkan kelenjar ludah di mulut dan juga merangsang sekresi enzim pencernaan.


3. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Diakui, hampir semua teh herbal memiliki khasiat menurunkan berat badan. Daun mint mengandung beberapa serat makanan yang meningkatkan rasa kenyang setelah makan. Kedua, seperti yang telah dibahas dalam paragraf sebelumnya, minyak esensial yang terkandung dalam daun mint dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dengan cara meningkatkan enzim yang diperlukan dan mengurangi risiko masalah pencernaan.


4. Berguna untuk Ibu Menyusui

Menyusui masih merupakan metode yang disukai untuk meneruskan nutrisi dari ibu ke bayi. Ilmu pengetahuan juga mendukung hal ini dengan menemukan berbagai manfaat yang didapatkan dari proses menyusui, baik untuk bayi maupun orang tua. Sayangnya, menyusui kadang menyebabkan beberapa keluhan di kalangan wanita, seperti iritasi pada puting susu. Namun infused mint water ternyata bisa menjadi solusi untuk masalah ini. Dalam beberapa penelitian yang diterbitkan pada bulan April 2007 oleh International Breastfeeding Journal, air mint terbukti efektif dalam mengobati iritasi puting dan rasa sakit di area puting terutama untuk ibu yang baru pertama kali menyusui.


5. Meredakan Pilek

Kandungan mentol yang terdapat dalam mint infused water merupakan dekongestan alami yang terkenal. Daun mint sendiri sudah terkenal karena digunakan sebagai bahan inhaler, balsem dan solusi lain untuk masalah pernapasan. Hebatnya, manfaat yang sama bisa didapat dari daun mint meski sudah direndam air panas. Itulah sebabnya bagi mereka yang mengalami pilek dan hidung tersumbat, mengonsumsi air mint dapat membantu meredakan gejalanya. Sifat dekongestan dalam mentol memungkinkan lebih banyak udara yang dihirup oleh hidung dengan memecah penumpukan dahak dan lendir, pada gilirannya membuat mereka lebih mudah dikeluarkan. Air rendaman daun mint juga dapat mendinginkan tenggorokan serta meredakan nyeri sebagai salah satu gejala flu biasa.


6. Menjaga Kesehatan Mulut Kandungan minyak essensial minyak mentol yang terkandung dalam air mint juga memiliki beberapa kemampuan anti-mikroba. Itulah alasan mengapa mentol sering dipasangkan dengan ehtyl alcohol pada beberapa produk obat kumur. Kehadiran air mint membantu mendinginkan area mulut sekaligus menjaga kebersihan mulut. Sisi positifnya menggunakan air mint, dibandingkan dengan obat kumur berbasis alkohol, adalah tidak membuat mulut kering. Sebaliknya dapat menyegarkan kerongkongan dan menenangkan area dari iritasi dan kering.

7. Mengandung Vitamin dan Mineral yang Sangat Bermanfaat Selain mengandung minyak essensial, daun mint ternyata juga kaya akan nutrisi yang belum banyak orang sadari. Hasil penelitian menyebutkan bahwa dalam dua sendok makan peppermint memiliki dua kalori, 0,12 gram protein, 0,48 gram karbohidrat, 0,03 gram lemak, dan 0,30 gram serat. Ada beberapa mineral yang bermanfaat seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, dan beberapa vitamin seperti Vitamin C dan Vitamin A. Meskipun kandungan nutrisi dalam daun mint relatif sedikit, namun sangat menyenangkan mengetahui manfaat lain air rendaman daun mint yang dapat membantu menambahkan beberapa nutrisi untuk melengkapi diet utama kita dalam menyediakan jumlah harian yang dibutuhkan.


8. Meredakan Masalah Pernafasan

Aroma air mint, meskipun mungkin tidak sekuat minyak mentol murni, dapat membantu membersihkan sumbatan yang menumpuk di dalam hidung, tenggorokan, bronkus, dan paru-paru. Itulah sebabnya, meminum air rendaman daun mint sebagai teh herbal terbukti bermanfaat tidak hanya untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Selain itu juga dapat membantu untuk melancarkan sistem sirkulasi oksigen sehingga membantu agar lebih bugar dan sehat.


9. Memperkuat Memori

Kandungan mentol dalam daun mint memiliki sifat merangsang, yang berarti dapat meningkatkan kewaspadaan serta fungsi kognitif. Hal ini didasarkan pada beberapa penelitian yang menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi permen karet (yang bahan utamanya adalah mint) memiliki tingkat retensi memori dan kewaspadaan yang lebih tinggi.


10. Meredakan Gejala Alergi Alergi, apakah musiman atau tidak, dapat mempengaruhi beberapa orang di seluruh dunia. Minum air mint dapat membantu meredakan gejala alergi seperti radang dan iritasi dalam. Ini didasarkan pada fakta bahwa mint dapat menimbulkan perasaan sejuk dan menenangkan ke permukaan sistem pernapasan. Meskipun untuk penggunaan topikal, disarankan untuk menggunakan minyak mentol murni, karena efeknya lebih kuat, oleh karena itu cocok untuk penggunaan pada kulit luar.


11. Meredakan Masalah Gastrointernal

Selain dapat menenangkan dan menghangatkan air rendaman daun mint juga dapat digunakan untuk meredakan beberapa masalah perut, seperti kembung, sakit perut, dan gangguan pencernaan. Ini karena daun mint memiliki kemampuan untuk meningkatkan sekresi dan sirkulasi empedu, yang selanjutnya dapat membantu mempercepat proses pencernaan. Selain itu mint juga dapat menghangatkan bagian dalam perut, yang memudahkan keluarnya gas sebagai produk sampingan dari proses pencernaan.