• Novi Amaliyah

12 Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Ibu Hamil


kelapa muda
Air kelapa mengandung banyak manfaat untuk kesehatan ibu hamil

Sama seperti buah lainnya yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, buah kelapa adalah satunya. Tak hanya baik untuk kesehatan mengonsumi air kelapa juga sangat baik untuk ibu hamil. Kelapa sama seperti buah lainnya yang kaya akan manfaat bagi kesehatan kita. Manfaat air kelapa telah secara konsisten dan berulang kali dibuktikan oleh para profesor di universitas ternama dan juga dokter.


Air kelapa merupakan air yang kaya nutrisi seperti elektrolit alami dan mineral yang dibutuhkan setiap harinya oleh tubuh, air kelapa juga rendah lemak. Disamping rasanya yang menyegarkan dan sehat, air kelapa juga dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik dengan menyediakan garam alami tubuh yang cenderung hilang karena aktivitas sehari-hari dan saat berkeringat. Air kelapa juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa saja manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi air kelapa, berikut 12 manfaatnya bagi kesehatan dan juga ibu hamil.


Membuat Tetap Terhidrasi

Manfaat kesehatan pertama air kelapa selama kehamilan adalah dapat menjaga ibu tetap terhidrasi. Air kelapa adalah air yang sangat sehat dan memiliki kandungan elektrolit yang kaya. Elektrolit sangat penting bagi tubuh kita karena membuat tubuh teta[p terhidrasi selama mengalami morning sickness. Elektrolit yang terkandung dalam air kelapa akan membantu meminimalkan rasa sakit dan melawan mual di pagi hari.


Menyembuhkan Diare

Selain meminimalkan efek morning sickness. Minum air kelapa juga akan membantu menyembuhkan diare.


Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Air kelapa bertindak sebagai sesuatu yang sangat akrab dengan tubuh kita. Mineral yang dikandungnya seperti magnesium dan potasium dalam air kelapa, akan membantu produksi urin. Ini berarti membantu ginjal yang lebih bersih dan sehat karena ginjal kita tidak akan bisa bekerja keras ketika kita sedang hamil. Dengan mengonsumsi air kelapa dapat membantu menjaga ginjal pada tingkat yang sehat dan mencegah penyakit ginjal atau infeksi.


Sembelit

Sembelit terkadang menyebalkan, apalagi dengan kondisi sedang hamil. Dengan minum air kelapa, dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan. Sistem pencernaan akan diperkuat dan ditingkatkan. Air kelapa akan membantu mencegah sembelit dan menjaga tingkat pH normal dalam tubuh. Pada akhirnya akan meningkatkan metabolisme tubuh dan juga akan membantu dalam detoksifikasi tubuh.


Detoksifikasi Tubuh

Minum air kelapa membantu detoksifikasi tubuh. Mineral dan nutrisi yang dikandung air kelapa membantu mengurangi tingkat racun yang ada di tubuh. Kamu bisa memilih mengonsumsi air kelapa setelah berolahraga untuk pilihan yang lebih sehat dibanding mengonsumsi soda ataupun minuman isotonik.


Melawan Infeksi

Selain kaya akan kandungan vitamin, air kelapa juga kaya dengan antioksidan dan mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh kita setiap hari. Sistem kekebalan tubuh kita akan lebih baik ketika kita mengkonsumsi air kelapa. Dimana akan melindungi ibu dan juga bayi selama kehamilan. Karena air kelapa mengandung asam laurat yang berperan besar dalam memerangi asam yang menyebabkan penyakit yang disebut monolaurin, air kelapa membantu mencegah penyakit yang umum ditemui saat ibu hamil.


Membantu Program Penurunan Berat Badan Lebih Cepat

Dengan menambahkan konsumsi air kelapa dalam daftar menu sehari-hari akan mempermudah target program penurunan berat badan. Ini dikarenakan air kelapa hampir tidak mengandung kolesterol, air kelapa membantu memaksimalkan kolesterol baik dalam tubuh dan secara perlahan menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh. Dengan demikian, membantu mencegah agregat sel-sel lemak yang berlebihan dalam tubuh yang akan menyebabkan penyakit pada ibu dan juga bayi.


Menjaga Kebutuhan Asupan Cairan Sehari-hari

Dengan mengkonsumsi air kelapa saat hamil, tubuh akan menyimpan lebih banyak cairan dan akan membantu regenerasi dan mengisi kembali kebutuhan cairan tubuh. Sedangkan bagi janin dengan lebih banyak cairan akan sangat bermanfaat bagi kesehatan janin juga pemenuhan nutrisi dan mineral yang lebih sehat. Konsumsi air kelapa dapat dilakukan sejak tahap awal kehamilan.


Diet Kurang Gula

Air kelapa relatif manis dibandingkan dengan air mineral, tetapi sebenarnya itu adalah rasa manis alami yang berbeda dengan pemanis buatan lainnya dari gula. Ini mengandung jumlah gula yang sangat rendah dalam dirinya sendiri. Minum air kelapa selama kehamilan akan membantu menjaga kadar gula tubuh dan bayi Anda tetap rendah. Kurang gula sehat untuk tubuh Anda. Terutama jika Anda memiliki diet kaya karbohidrat setiap hari, mengonsumsi air kelapa sebagai bentuk penyeimbang gula adalah praktik yang baik, terutama saat Anda hamil.


Melawan Bakteri

Air kelapa mengandung bahan kimia yang bersifat steril. Ini berarti air kelapa membantu menghilangkan dan meminimalkan jumlah bakteri atau kuman yang hidup di dalam tubuh Sebagian besar bakteri bersifat parasit, yang berarti mereka berbahaya bagi tubuh. Air kelapa akan membantu menghilangkan cacing yang mungkin berada di dalam usus Dengan meminum air kelapa, tubuh akan terasa lebih sehat karena bakteri dan cacing yang hidup di dalam tubuh menjadi berkurang. Ibu yang sehat berarti bayi yang sehat juga.


Mencegah Hipertensi

Selama masa kehamilan menjaga tekanan darah normal sangatlah pentingSangat penting. Banyak ibu hamil menderita dan berjuang mengatasi hipertensi saat mengandung, ini karena kadar stress selama kehamilan. Hal ini normal. Air kelapa, dapat membantu hormon stres terjaga pada tingkat minimum. Minum air kelapa akan membawa efek relaksasi dan akan mengurangi kemungkinan terjadinya hipertensi. Untuk meminimalkan efek hipertensi selama kehamilan, bisa mengonsumsi air kelapa setiap hari atau sekali dalam seminggu.


Bermanfaat Untuk Bayi Yang Belum Lahir

Dengan meminum air kelapa, bayi yang dikandung akan mendapatkan manfaat kesehatan yang sama seperti ibu yang mengandung bayinya juga. Saat mengonsumsi air kelapa, akan membantu ibu untuk tetap terhidrasi dengan baik dan merasa segar karena mendapatkan asupan garam alami yang secara konsisten hilang dari tubuh sepanjang hari setelah beraktivitas. Tidak hanya itu, air kelapa juga membantu menjaga berat badan dan tingkat lemak tubuh pada tingkat minimum. Ini akan membantu menjaga kesehatan bayi yang diharapkan juga.