• Novi Amaliyah

12 Manfaat Utama Zinc


Akhir-akhir ini vitamin tambahan Zinc atau zat besi menjadi salah satu daftar vitamin yang sebaiknya ditambahkan untuk asupan sehari-hari, khususny untuk mereka yang tengah menjalankan isolasi mandiri. Zinc memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya membantu pemulihan setelah sakit maupun mereka yang sedang terkena flu. Namun begitu mineral ini juga tetap dibutuhkan oleh mereka yang tidak sedang dalam masa pemulihan ataupun yang tengah bermasalah dengan fungsi kekebalan tubuh yang terganggu.


Idealnya mineral penting ini harus dikonsumsi dalam jumlah kecil setiap hari untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan melakukan ratusan fungsi penting. Apa saja manfaat mengonsumsi zinc ini. Zinc bermanfaat bagi tubuh dalam banyak cara, diantaranya membantu produksi hormon, pertumbuhan dan perbaikan yang tepat, meningkatkan kekebalan dan meningkatkan pencernaan. Zinc juga memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai agen anti-inflamasi, yang berarti mungkin memiliki manfaat terapeutik yang signifikan untuk beberapa penyakit kronis umum seperti kanker atau penyakit jantung. Tidak heran kekurangan zinc dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti kelelahan kronis, masalah pencernaan dan masalah hormonal. Berikut 12 Manfaat Utama zinc.


Mendukung Fungsi Kekebalan Tubuh dan Dapat Membantu Melawan Infeksi dan Flu

National Institutes of Health, “Kekurangan zinc yang parah dapat menekan fungsi kekebalan, dan bahkan kekurangan zin tingkat ringan hingga sedang dapat merusak fungsi makrofag dan neutrofil, aktivitas sel pembunuh alami, dan aktivitas pelengkap.” Mineral ini merupakan komponen penting dari jalur transduksi sinyal yang menghilangkan patogen. Dimana membantu mengendalikan peradangan dan mencegah peningkatan respons peradangan, termasuk pelepasan sitokin, serta kerusakan jaringan. Mineral ini memainkan fungsi yang rumit selama respon imun karena membantu tubuh kembali ke homeostasis.

Penelitian menunjukkan bahwa mineral penting ini dapat membantu perkembangan sel kekebalan dan mengganggu proses molekuler yang menyebabkan lendir dan bakteri terbentuk di dalam saluran hidung. Ion pada zinc berdasarkan muatan listriknya, memiliki kemampuan untuk memberikan efek antivirus dengan menempel pada reseptor di sel epitel hidung dan memblokir efeknya. Satu studi menemukan bahwa ketika suplemen zinc diberikan dalam waktu 24 jam setelah timbulnya gejala pilek, durasi gejala berkurang secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak melengkapinya.


Bertindak sebagai Antioksidan

Zinc telah terbukti menjadi agen anti-inflamasi dan antioksidan yang efektif, membantu melawan stres oksidatif dan mengurangi kemungkinan perkembangan penyakit. Terutama pada pasien usia lanjut, manfaat zinc atau zat besi termasuk kemampuannya untuk mendukung pembelahan sel yang sehat, mencegah mutasi sel kanker dan menghambat pertumbuhan tumor.


Dapat Membantu Menyeimbangkan Hormon

Manfaat zinc untuk kesehatan hormonal dan kesuburan karena mineral ini berperan penting dalam produksi hormon, termasuk dengan meningkatkan testosteron secara alami, yang memiliki peran sangat luas baik pada pria maupun wanita. Mineral ini juga mempengaruhi hormon seks wanita dan bahkan terlibat dalam pembuatan dan pelepasan telur di dalam dan dari ovarium. Hal ini diperlukan untuk produksi estrogen dan progesteron pada wanita, dimana keduanya mendukung kesehatan reproduksi.


Membantu Melawan Diabetes

Mineral esensial ini diperlukan untuk menyeimbangkan sebagian besar hormon, termasuk insulin, hormon utama yang terlibat dalam pengaturan gula darah, dan sebagai pengobatan alami diabetes. Seng bermanfaat bagi kadar gula darah karena mengikat insulin, sehingga insulin cukup disimpan di pankreas dan dilepaskan saat glukosa memasuki aliran darah. Hal ini juga memungkinkan pemanfaatan yang tepat dari enzim pencernaan yang diperlukan insulin untuk mengikat sel sehingga glukosa digunakan sebagai bahan bakar untuk tubuh, bukan disimpan sebagai lemak.


Membantu Menjaga Kesehatan Jantung dan Kesehatan Pembuluh Darah

Zinc diperlukan untuk menjaga kesehatan sel-sel dalam sistem kardiovaskular, sekaligus menurunkan peradangan dan stres oksidatif. Endotelium, lapisan tipis sel yang melapisi pembuluh darah, sebagian bergantung pada kadar mineral yang memadai. Seng bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan mendukung sirkulasi yang sehat, karena membantu sebagai obat alami untuk tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol dari arteri yang tersumbat atau rusak.


Dapat Membantu Mencegah Diare

Kekurangan zinc atau zat besi terkait dengan masalah pencernaan kronis dan penyakit diare, yang telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian. Para peneliti telah menemukan bahwa suplementasi dapat efektif baik sebagai profilaksis maupun sebagai obat diare akut.


Membantu Tingkat Kesuburan Pria dan Wanita

Studi menunjukkan bahwa seng atau zinc memainkan peran penting dalam kesuburan, terutama memodulasi kadar testosteron pada pria. Pembatasan diet zat besi dan defisiensi pada pria muda normal dikaitkan dengan penurunan signifikan dalam konsentrasi testosteron, yang dapat berdampak negatif pada kesuburan dan libido yang lebih rendah. Mineral ini juga mempengaruhi kesuburan wanita karena tingkat yang cukup diperlukan selama proses pertumbuhan sel telur, jika tidak, sel telur tidak dapat matang dengan baik dan ovulasi terganggu.


Membantu Penyerapan dan Pencernaan Nutrisi

Mineral esensial ini mempengaruhi sintesis protein dan dibutuhkan oleh tubuh untuk menggunakan asam amino dari makanan. Zinc juga terlibat dalam membantu pemecahan karbohidrat dari makanan, yang merupakan salah satu sumber energi utama bagi tubuh.


Mendukung Kesehatan Hati

Zinc terbukti dapat mengurangi kejadian infeksi dan berkorelasi dengan tingkat kerusakan hati yang lebih rendah. Manfaat seng dapat membantu mendukung kesehatan hati dengan mengurangi peradangan di hati, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, membantu penyerapan nutrisi dan memungkinkan pembuangan limbah yang tepat.


Membantu Pertumbuhan dan Perbaikan Otot

Mineral khusus ini memainkan peran penting dalam pembelahan sel dan pertumbuhan sel, sehingga zinc bermanfaat bagi perbaikan dan pertumbuhan otot dengan memungkinkan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri dan mempertahankan kekuatan dalam sistem otot dan kerangka. Juga membantu pelepasan testosteron, hormon pertumbuhan, dan faktor pertumbuhan seperti insulin-1 (IGF-1), yang semuanya membangun massa otot dan metabolisme yang sehat. Zinc juga bermanfaat bagi massa otot karena membantu meningkatkan jumlah testosteron yang dapat diproduksi tubuh setelah berolahraga - terutama latihan beban dan latihan interval intensitas tinggi - karena meningkatkan tingkat konversi androstenedion menjadi testosteron.


Mendukung Fungsi Penglihatan dan Kesehatan Mata

Asupan seng yang tinggi dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia lanjut dan kehilangan penglihatan. Sebuah tinjauan sistematis menemukan bahwa suplemen saja mungkin tidak cukup untuk menghasilkan perubahan yang bermakna secara klinis dalam ketajaman visual, namun zinc terbukti dapat membantu memperlambat laju degenerasi makula.


Dapat Membantu Mengurangi Jerawat dan Membantu Penyembuhan Luka

Beberapa zat besi yang disimpan dalam tubuh, sebenarnya disimpan di dalam kulit dan ini memainkan peran kunci dalam pengembangan, diferensiasi, dan pertumbuhan berbagai jaringan manusia. Zinc membantu produksi kolagen, protein paling melimpah dalam tubuh manusia yang membentuk jaringan ikat, mineral ini terkadang digunakan untuk membantu orang pulih dari luka bakar, bisul, luka yang lambat sembuh, dan jenis kerusakan atau cedera kulit lainnya. Manfaat seng juga dapat membantu mendukung sistem kekebalan dengan cara yang dapat membatasi kerentanan kulit terhadap infeksi saat penyembuhan.