• Novi Amaliyah

15 Makanan yang Baik Dikonsumsi Saat Sakit



Ada ungkapan Hippocrates yang terkenal mengatakan biarkan makanan menjadi obatmu, dan gunakan makanan sebagai obat. Memang benar jika makanan dapat melakukan lebih dari sekadar menyediakan energi. Saat sakit asupan makanan menjadi lebih penting dari biasanya.

Makanan tertentu bahkan memiliki khasiat untuk membantu ketika tubuh tengah berjuang melawan penyakit. Selain mampu meredakan gejala-gejala sakit tertentu yang dapat membantu tubuh untuk sembuh lebih cepat. Apa saja makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sakit, berikut 15 makanan yang baik dikonsumsi saat sakit.


Sup Ayam

Sup ayam adalah sumber cairan, kalori, protein, vitamin, dan mineral yang baik. Sup juga merupakan dekongestan alami dan dapat memblokir sel-sel yang menyebabkan batuk dan hidung tersumbat.


Kaldu

Hampir mirip dengan sup ayam, selain lezat kuah kaldu juga sajian bergizi agar tubuh untuk tetap terhidrasi, dan juga bertindak sebagai dekongestan alami saat dikonsumsi panas.


Bawang Putih

Bawang putih dapat memerangi bakteri, virus, dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Ini membantu menghindari penyakit dan pulih lebih cepat ketika sakit.


Air Kelapa

Selain memiliki citarasa yang manis dan enak, air kelapa juga merupakan cairan elektrolit yang dibutuhkan untuk tetap terhidrasi saat sakit.


Teh Panas

Teh adalah sumber cairan yang baik dan bertindak sebagai dekongestan alami saat dinikmati panas. Teh hitam dapat mengurangi pertumbuhan bakteri di tenggorokan, dan teh echinacea dapat mempersingkat panjang pilek atau flu.


Madu

Madu memiliki efek antibakteri dan merangsang sistem kekebalan tubuh.  Madu juga dapat membantu meredakan batuk pada anak di atas usia 12 bulan.


Jahe

Jahe sangat efektif meredakan mual. Jahe juga memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan.


Makanan Pedas

Makanan pedas mengandung capsaicin, yang dapat membantu memecah lendir tetapi juga merangsang produksi lendir. Yang bisa efektif untuk meredakan batuk yang disebabkan oleh iritasi.


Pisang

Pisang adalah sumber kalori dan nutrisi yang baik. Pisang juga dapat membantu meringankan mual dan diare.


Oatmeal

Oatmeal adalah sumber nutrisi yang baik dan mudah dikonsumsi. Oatmeal merangsang sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kontrol gula darah dan mengurangi peradangan pada sistem pencernaan.


Yogurt

Yoghurt mudah dikonsumsi dan merupakan sumber kalori, protein, vitamin, dan mineral yang baik. Beberapa yogurt juga mengandung probiotik, yang dapat membantu jadi lebih jarang sakit dan menjadi lebih cepat lebih baik.


Buah-buahan

Banyak buah mengandung flavonoid yang disebut anthocyanin yang dapat melawan virus dan bakteri dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Suplemen flavonoid juga bisa bermanfaat. Strawbeery, blackberry, cranberry, blueberry adalah sumber terbaik untuk mendapatkan asupan flavonoid.


Alpukat

Alpukat penuh dengan vitamin, mineral, dan lemak sehat yang dapat mengurangi peradangan dan merangsang sistem kekebalan tubuh.


Sayur dan Sayur Berdaun Hijau

Sayuran hijau berdaun penuh serat dan nutrisi yang dibutuhkan saat sakit. Mereka juga mengandung senyawa tanaman yang bermanfaat.


Salmon

Ikan salmon adalah sumber protein yang sangat baik. Ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D, yang melawan peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.


© 2019 yukmakan channel