• Maria Yuliana Kusrini

2 Bahan Masakan yang Paling Disukai Bara Pattiradjawane

Meski tidak mengantongi pendidikan resmi di bidang kuliner, namun pemilik nama asli Bara Raoul Pattiradjawane begitu mahir soal urusan masak memasak. Tidak hanya pandai menyajikan hidangan khas Indonesia saja, tetapi juga beraneka macam masakan dari berbagai negara lainnya. Kepiawaiannya memasak itu terinspirasi dari sang ibu, Rose Lintong, atau yang biasa ia panggil Mami Rose.


Dari sekian banyak bahan baku yang ada, Chef Bara mengaku lebih senang memasak dengan menggunakan bahan baku ikan dan bumbu bawang putih. “Saya tidak akan pernah memasak tanpa bawang putih sama sekali. Menurut saya, bawang putih itu menambah aroma yang bisa menggantikan bahan-bahan penyedap yang tidak alami. Sedangkan kalau untuk bahan baku, Saya paling suka masak ikan, baik ikan air tawar ataupun laut. Apapun itu yang penting ikannya harus sesegar mungkin,” ujarnya.



Ia juga menambahkan jika masakan ikan yang paling sering dimasak ala Manado, mungkin karena ia berdarah Manado. “Ada masakan namanya Ikan Kuah Kuning Ambon. Dan ada juga yang rasanya sedap banget, namanya Ikan Pecak Bandeng Banten. Cara bikinnya gampang banget, ikannya bisa digoreng atau dibakar, kemudian di atasnya dikasih cabai yang dihancurkan. Yang bikin enak adalah sambel cabainya itu ada 3 asem di dalamnya, yakni asem dari asem jawa, asem dari jeruk nipis, dan asem dari jeruk limo. Pedes-pedes asem gitu. Itu enak banget,” cerita pria kelahiran Jakarta, 9 Juli 1964 itu dengan semangat.

© 2019 yukmakan channel