• Novi Amaliyah

3 Cara Memasak Bacon Agar Garing dan Tetap Empuk


bacon
Bacon

Bacon adalah lembaran daging yang diiris tipis kemudian diawetkan dengan garam. Daging yang digunakan untuk membuat bacon berasal dari perut atau punggung babi. Selain bisa dinikmati sebagai kudapan bercitarasa asin, bacon juga kerap kali dimasukkan ke dalam makanan seperti telur dadar atau omelet, burger, sandwhich, sup, salad hingga es krim.

Di Amerika, Bacon sangat populer dimana berasal dari bagian perut yang memilli lapisan lemak panjang sejajar dengan kulitnya. Sedangkan di Inggris ada Back bacon, yang merupakan bentuk bacon paling umum, kadang-kadang disebut bacon Irlandia atau rasher atau bacon Kanada. Dimana dagingnya berasal dari bagian pinggang di tengah punggung babi. Back bacon memiliki tekstur yang lebih mirip ham.

Proses Pembuatan Bacon

Daging direndam dalam larutan garam, nitrat, dan terkadang gula dan terkadang ada juga yang diasap untuk mendapatkan aroma smokey yang khas. Lapisan lemak inilah yang memberikan citarasa gurih dari bacon juga memungkinkannya untuk dimasak menjadi renyah, namun empuk. Rasio lemak dan daging yang besar dan kuat, biasanya setengah hingga dua pertiga lemak terhadap daging untuk menentukan kualitas bacon yang baik.


Yang perlu diperhatikan saat memasak bacon adalah tidak memasaknya pada suhu tinggi untuk waktu yang lama. Panas yang tinggi dapat mengubah bahan pengawet nitrit menjadi nitrosamin. Bacon yang dimasak dalam microwave mengandung lebih sedikit nitrosamin.

Nitrat digunakan tidak hanya untuk mengawetkan warna tetapi juga sebagai bahan pengawet untuk memperlambat ketengikan dalam lemak dan membunuh bakteri botulisme.


Nitrit sering menjadi subyek kontroversi sebagai agen penyebab kanker di beberapa percobaan hewan, tetapi hasilnya belum meyakinkan. Namun, saat ini sudah ada produk bacon bebas nitrat di pasaran. Selain itu, produsen makanan telah mulai menambahkan vitamin C selama proses pengawetan daging, dan ini menurunkan kandungan nitrosamin. Berikut 3 cara dasar yang bisa dilakukan untuk memasak bacon.


3 Cara Memasak Bacon


Wajan

Ini adalah metode klasik, dan ideal untuk menyiapkan enam hingga delapan potongan sekaligus. Keluarkan bacon dari kemasannya dan biarkan hingga mencapai suhu kamar (sekitar 20 menit). Jangan panaskan wajan terlebih dahulu, tetapi letakkan potongan (tanpa tumpang tindih) di wajan dingin dan masak dengan api sedang, balik sesuai kebutuhan, masak selama kurang lebih sekitar 10 menit. Tiriskan bacon yang sudah dimasak di atas tisu sebelum disajikan.


Oven

Memasak bacon dalam oven jika memang harus memasak bacon dalam jumlah.Tempatkan bacon di atas loyang berlapis perkamen dan masukkan ke dalam oven dingin. Kemudian panaskan oven hingga 200 derajat dan panggang selama 17 hingga 20 menit atau hingga kerenyahan yang diinginkan. Tidak perlu dibalik, tetapi sebaiknya tiriskan bacon dengan tisu dapur sebelum disajikan. Ini menghindari bacon terlalu berminyak.


Microwave

Lapisi microwave dengan beberapa lapis tisu, letakkan potongan daging bacon tanpa tumpang tindih, dan tutupi dengan tisu lagi. Masak dengan suhu tinggi selama empat hingga enam menit, tanpa dibalik.