top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengolah Mi

Selain nasi, mi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang cukup digemari masyarakat Indonesia. Mi pun bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang menggugah selera, mulai dari digoreng, ataupun direbus. Sebelum diolah menjadi makanan favorit yang lezat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dulu. Dan berikut ini tiga hal yang harus dilakukan sebelum membuat olahan mi.



Kenali jenis mi

Pertama kita harus ketahui dulu jenis mi yang akan diolah. Itu karena setiap mi punya karakter dan cara pengolahan berbeda. Misalnya saja untuk jenis mi basah, bisa langsung diolah tanpa harus direbus terlebih dulu. Berbeda lagi dengan karakter dari mi kering yang harus direbus terlebih dulu, baru kemudian dapat diolah menjadi makanan favorit.


Rebus mi sebelum diolah

Meski mi basah bisa langsung diolah, namun ada baiknya jika mi basah juga direbus terlebih dulu sebelum dimasak dengan bahan lain. Tujuannya agar bahan-bahan kimiawi yang masih melekat di mi basah bisa larut bersama air rebusan. Sedangkan untuk mi kering, memang wajib direbus dengan air mendidih agar mi menjadi lembut dan terurai saat diolah. Proses perebusan ini pun membutuhkan waktu yang berbeda-beda, tergantung dari karakter setiap mi. Airnya pun harus mendidih terlebih dulu, baru mi dimasukkan ke dalamnya. Hal itu dilakukan agar mi tidak terlalu lama direbus dan menjadi mekar.


Lumuri dengan kecap manis

Untuk yang ingin membuat mi goreng, setelah mi direbus dalam air panas, lumuri mi dengan menggunakan kecap manis. Tujuannya agar proses pengadukan tidak terlalu lama, karena jika terlalu sering atau lama diaduk akan membuat mi patah.

bottom of page