• Novi Amaliyah

3 Makanan Berfermentasi Ini Punya Khasiat Luar Biasa



Fermentasi adalah suatu bentuk seni pada makanan yang dibudidayakan dan diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya. Setiap budaya makanan bahkan memiliki makanan berfermentasi sendiri-sendiri. Dan setiap makanan ini memiliki keunikan tersendiri. Ketiga makanan ini masing-masing menyediakan bakteri baik dan ragi yang berbeda yang dapat meningkatkan triliunan bakteri dalam tubuh dan memungkinkan mereka untuk berkembang biak dan tumbuh untuk memberikan manfaat kesehatan. Sejak lama makanan berfermentasi dikonsumsi karena memiliki berbagai macam khasiat salah satunya menyembuhkan penyakit dengan menghilangkan patogen, meningkatkan kesehatan pencernaan, mendorong terciptanya serotonin, dan masih banyak lainnya.

Mengonsumsi salah satu makanan berfermenasi ini sangat baik dan akan lebih baik jika secara rutin mengonsumsinya ketiganya. Ketiga makanan ini adalah kefir, kombucha, dan sayuran yang difermentasi seperti kimchi, sauerkraut dan lainnya. Ketiganya memiliki serangkaian bakteri baik yang berbeda dan dibutuhkan oleh tubuh. Yuk, simak penjelasan singkat ketiga makanan ajaib ini.

Kefir

Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi dari daerah Kaukasus. Kefir dibuat dengan memasukaan butiran kefir ke dalam susu sapi, kambing, atau domba. Kefir tradisional dibuat di dalam tas kulit kambing dan digantung di dekat pintu, tas ini akan bergoyang ketika seseorang membuka pintu sehingga susu dan kefir akan tercampur. Kefir produksi rumahan memiliki 50 tambahan bakteri dan ragi yang baik. Bakteri baik ini akan bekerja membunuh patogen dan bakteri jahat. Kefir dengan kandungan mikroba sehat yang unik akan menjaga keseimbangan bakteri di dalam pencernaan. Kefir bisa menambah probiotik ke segala jenis susu, apakah itu sapi, kambing, atau susu almond.Kefir akan mengubah susu, meningkatkan penyerapan vitamin dan nutrisi.


Kombucha

Minuman teh berfermentasi ini membantu menghilangkan racun melalui ginjal, hati, dan usus. Kombucha dapat membantu menurunkan banyak kelebihan air. Ini membantu menghilangkan kelebihan pembengkakan dan cairan yang menumpuk di jaringan tubuh dari makanan yang mengandung bahan kimia dan alcohol. Saya sedang berbicara dengan seorang teman akhir pekan ini dan dia memperhatikan hal yang sama. Kombucha juga akan membantu meringankan retensi air yang sering terjadi ketika tubuh melindungi organ dengan menahan air ketika sedang stres atau beban racun yang terlalu berat.

Sayuran Berfermentasi

Konsumsi sayuran adalah sangat baik dengan menambah asupan sayuran yang berfermentasi jauh lebih baik lagi. Karena sayuran berfermentasi ini diperkaya dengan kandungan bakteri baik yang baik bagi tubuh selain kandungan nutrisi dan vitamin yang dikandung setiap sayuran berfermentasi.

© 2019 yukmakan channel