• Novi Amaliyah

3 Sajian Mie Khas Korea Yang Lezat


Mie adalah salah satu makanan pokok dalam masakan Korea. Sejarah hidangan mie di Asia dapat ditelusuri kembali ke 4000 SM. Mie banyak disukai karena menjadi salah satu bahan makanan serbaguna yang bisa dimasak dalam berbagai cara, mulai disajikan dengan kuah kaldu, tumisan, hingga sajian salad dingin.


Pada menu-menu sajian Korea, sebagian besar sajian mi dikenali sebagai myeon atau gooksu jika merupakan hidangan mi dengan ata "myeon" terkait dengan padanan bahasa Cina mien, yang berarti mie. Mie di Korea bisa dibuat dari tepung ubi jalar, tepung terigu, soba yang terbuat dari buckwheat, tepung jagung, tepung beras, dan tepung biji pohon ek. Secara umum, sejumlah masakan mie Korea menawarkan variasi pada daging, kaldu, sayuran, dan mie yang digunakan.


Mi tumis Korea, yang dikenal sebagai chapchae atau japchae, menggunakan glass noddle atau vermicelli dan campuran sayuran, daging, jamur, kecap, dan minyak wijen. Japchae biasanya diolah dengan dangmyeon, sejenis cellophane yang terbuat dari tepung ubi jalar. Mie ini juga disebut glass noddle, bihun ubi atau vermicelli. Berikut 3 olahan Mie khas Korea


Mul Naengmyun (Mi Dingin Korea)

Mul Naengmyun (atau naengmyoen) adalah sajian berupa mie dingin Korea yang terbuat dari mie soba tipis dengan tekstur sedikit kenyal ditambah taburan telur, daging, sayuran, dan kaldu dingin dan cuka yang gurih. Meskipun saat ini menjadi makanan musim panas di antara orang Korea, sajian ini berasal dari pegunungan Korea Utara sebagai makanan pokok musim dingin. Buckwheat tumbuh dengan baik di dataran tinggi, dan menjadi hidangan penting bagi orang Korea yang tinggal di iklim pegunungan. Tapi sajian ini menjadi sajian yang menyegarkan untuk dinikmati dalam cuaca panas. Sajian ini juga bisa dinikmati untuk mereka yang melakukan diet bebas gluten. Mie yang biasa digunakan untuk membuat sajian ini terbuat dari buckwheat ada yang menggunakan ubi jalar, kentang, pati garut, dan bahkan akar kudzu.


Japchae (Mie Tumis Korea)

Japchae adalah salah satu sajian mie paling populer di Korea, dan menjadi salah satu sajian yang mudah diterima orang di luar Korea. Bumbu dasar dari sajian ini adalah campuran mi, kecap, bawang putih, dan minyak wijen. Mie yang digunakan adalah noddle glass atau vermicelli yang bisa terbuat dari kacang hijau atau mie ubi jalar. Kedua jenis mi menyerap banyak rasa, dan cocok dipadukan sayuran atau daging sesuai keinginan. Sayuran yang bisa dipadukan antara lain brokoli, bayam, kubis, wortel, bawang bombay, paprika merah, shiitake.





Jajangmyun (Mie Korea Dengan Saus Kacang Hitam)

Mie Korea dengan saus kacang hitam (jajangmyun) adalah salah satu hidangan mie paling populer di Korea. Sajian satu ini adalah salah satu masakan rumahan favorit orang Korea. Sajian Ini adalah adaptasi Korea dari hidangan mie kacang hitam Cina dengan nama yang sama, dan sajian ini juga dengan mudah ditemukan di setiap restoran Cina di Korea. Versi Korea dari hidangan ini dibuat dengan saus berwarna gelap yang terbuat dari pasta chunking yang mengandung karamel dan kacang kedelai panggang.

Biasanya mi yang lebar dan tebal yang dibuat dari tepung terigu digunakan untuk jajangmyun, bisa juga dengan menggunakan mi soba lebar atau bahkan linguine jika tertarik untuk membuat jajangmyun sendiri di rumah.

© 2019 yukmakan channel