• Novi Amaliyah

3 Tips Praktis Menyeduh Teh Putih


Teh putih atau yang sering dikenal dengan silver white tea adalah salah teh yang memiliki kandungan anti oksidan tinggi dengan berbagai manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Mulai dari meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi risiko kanker usus, hingga menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.


Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kandungan daun teh putih perlu diperhatikan cara untuk menyeduh dan menyajikan teh putih agar mendapatkan manfaat maksimalnya. Berikut

tips dan trik menyeduh teh putih.

Jangan gunakan air mendidih

Hal pertama yang harus diketahui saat menyeduh teh putih adalah jangan pernah menggunakan air mendidih. Air mendidih dapat merusak rasa lembut teh putih. Suhu air ideal untuk menyeduh teh putih adalah antara 76 hingga 85 C. Untuk hasil terbaik, didihkan air dan biarkan selama satu menit, lalu tuangkan air ke atas Daun-daun.

Tambahkan daun teh

Daun teh putih jauh lebih padat dan padat dibandingkan jenis lainnya, yang berarti mungkin ingin menambah jumlah daun teh yang biasa digunakan. Mulailah dengan menggunakan 2 sendok teh daun teh putih untuk setiap cangkir atau 250 ml air. Lakukan uji rasa kemudian tambahkan atau kurangi lebih banyak daun sesuai keinginan.

Semakin lama waktu seduhan semakin baik

Lama waktu seduh tertentu bisa berbeda-beda tergantung merek teh putih yang digunakan. Untuk seduhan pertama disarankan 5 hingga 8 menit sedangkan untuk seduhan kedua, ditambah dengan 2 hingga 3 menit lagi untuk setiap cangkir tambahan. Daun teh putih bisa diseduh maksimal hingga tiga kali seduhan.