• Novi Amaliyah

4 Cara Untuk Menikmati Matcha Jadi Lebih Menyenangkan


Matcha, bahan satu dari Jepang ini memang jadi salah satu bahan makanan yang jadi favorit dipadukan untuk berbagai olahan mulai dari cake, es hingga camilan sederhana yang enak namun tetap sehat. Menikmati manfaat matcha yang jadi lebih menyenangkan daripada hanya dengan diseduh.


Matcha termasuk dalam jajaran superfood atau makanan super karena kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh, yang pada gilirannya meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Bahkan, teh hijau adalah bahan aktif dalam berbagai suplemen dalam penurun berat badan.


Matcha juga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, selain itu juga mampu mengurangi risiko kanker dan bahkan memperlambat pertumbuhan tumor yang ada. Manfaat lain, adalah berbagai tingkat efektivitas dalam banyak penelitian, termasuk peningkatan fungsi otak, kulit yang lebih sehat, risiko penyakit jantung yang lebih rendah, hingga berkurangnya stres. Berikut 4 cara untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari matcha yang lebih menyenangkan dan nikmat.


Es Krim

Siapa tak suka dengan es krim? Meskipun es krim bukanlah hal yang paling sehat di dunia, es krim dapat membantu hati merubah mood di hari yang panas dengan kudapan dingin satu ini. Dari es krim juga kita bisa mendapatkan nutrisi seperti kalsium karena bahan susu yang menjadi bahan utamanya. Untuk es krim matcha yang rendah kalori bisa menggunakan santan kelapa yang biasa digunakan dalam resep es krim matcha vegan.



Chocolate Energy Bowl

Kudapan manis satu ini bisa dibuat untuk orang-orang yang sibuk dan punya sedikit waktu untuk membuat camilan sehat. Kamu bisa mencoba membuat chocolate energy bowl sendiri menggunakan paduan ¼ cangkir buah kurma, kacang almond atau kacang mede kemudian haluskan menggunakan food processor atau blender hingga tercampur rata, tambahkan ¼ cangkir bubuk kakao, 1 sendok makan matcha, dan 1 sendok makan minyak kelapa. Bentuk bola-bola kemudian gulingkan ke dalam bubuk matcha, Matcha Energy Bowl siap disajikan.


Aneka Kue

Muffin, matcha cake, dan bahkan kue kering dapat menjadi kreasi yang kamu buat dengan paduan matcha. Ada banyak resep yang bisa kamu buat, tidak ada instruksi khusus yang diperlukan untuk membuat kreasi aneka kue panggang. Tambahkan 1 – 2 sdm makan, atau sesuaikan dengan selera kamu.


Smoothies

Smoothie sudah menjadi minuman yang sangat populer bagi mereka yang mengusung gaya hidup sehat. Dapatkan semua nutrisi dari buah-buahan dan sayuran favorit  bersama dengan sifat antioksidan tambahan dari teh hijau. Alih-alih diseduh, kamu bisa menambahkan matcha ke dalam dapat smoothie favorit kamu. Resep yang bisa kamu coba adalah dengan menyeduh 1 ½ cangkir teh hijau pekat, gunakan 2 kantung dan biarkan dingin.  Tambahkan 3 cangkir anggur hijau beku, 2 cangkir baby spinach, 1 buah alpukat matang berukuran sedang, dan 2 sendok teh madu. Tambahkan matcha yang sudah didingin kemudian proses menggunakan  blender sampai halus dan segera diminum. Minuman ini sangat bagus untuk dikonsumsi sebelum atau sesudah berolahraga. Selamat mencoba!


Foto-foto:Dok.Getty Images

© 2019 yukmakan channel