• Novi Amaliyah

4 Jenis Mie Khas Jepang


Sama seperti China, kuliner Jepang juga memiliki beragam sajian berupa mie yang nikmat. Beragam sajian mie ini disajikan panas, dingin, direbus, digoreng, kemudian disajikan dengan berbagai paduan macam daging, sayuran, ikan serta taburan yang menjadikan sajian ini begitu menggugah selera. Berikut mie khas Jepang dan beberapa olahannya yang populer.



Ramen

Ramen adalah salah satu sajian mi yang sangat populer di Jepang. Ramen berbentuk keriting dan helaian yang kecil. Ramen disajikan dalam kuah sup yang berbeda dengan bergam topping. Mie chukamen yang umumnya dibuat menggunakan tepung terigu dan kansui (larutan alkali) digunakan untuk menyajikan semangkuk ramen. Ada banyak macam sajian ramen di Jepang, tergantung masing-masing daerahnya. Sajian ini hadir dengan berbagai paduan kaldu, rasa sup, topping, tekstur mie, dan banyak lagi. Kunci kenikmatan semangkuk ramen terletak pada kuahnya yang membutuhkan waktu cukup lama untuk mendapatkan citarasa pekat dan nikmat.



Soba

Soba adalah mie khas Jepang terbuat dari tepung buckwheat yang bebas gluten dan berwarna kecoklatan. Beberapa juga ada yang mencampur buckwheat dengan tepung gandum. Soba biasanya disajikan dingin bersama saus celupan atau dinikmati panas dengan kuah.



Somen

Somen adalah mie Jepang yang berbentuk halus dan tipis, biasanya dijual dalam bentuk kering. Somen dibuat dari tepung terigu dicampur air, garam, dan minyak goreng. Somen biasanya dihidangkan sebagai makanan penyejuk di musim panas.



Udon

Udon adalah salah satu sajian comfort food orang Jepang yang terbuat dari tepung gandum. Beberapa variasi regional menggunakan tepung kentang atau wortel untuk warna oranye. Udon biasanya berbentuk tebal dan bulat atau persegi, tetapi bisa juga berbentuk pipih seperti pita. Udon tersedia dalam bentuk basah dan segar atau yang sudah dikeringkan dan perlu direbus sebelum dimakan, dimana menghasilkan mie yang licin dan kenyal. Udon hadir dalam berbagai jenis, cara penyajian serta paduan dan topping.





© 2019 yukmakan channel