• Novi Amaliyah

4 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Memasak Jamur



Kamu termasuk salah satu pecinta beragam olahan jamur, tapi masih sering merasa tak puas karena hasilnya yang tak sempurna saat mengolahnya. Terkadang memasak jamur terlihat sederhana, padahal untuk memasak jamur ada trik mudah untuk mendapatkan citarasa serta tekstur yang sempurna. Jamur bisa dipadukan dengan paduan sayuran, daging ayam, daging sapi maupun ikan. Jamur juga memberikan citarasa gurih secara alami pada masakan tanpa perlu menambahkan penyedap masakan saat memasaknya. . Hindari 4 kesalahan yang sering dilakukan saat memasak jamur. Selamat mencoba


1. Mencuci

Di luar negeri seperti di benua Eropa, jamur tumbuh liar dan sering ditemukan di hutan-hutan, sementara di Indonesia jamur didapatkan dengan dibudidaya. Jika membelinya di supermarket maupun pasar, hindari mencucinya. Jamur adalah spons mini yang menyerap setiap cairan yang bersentuhan dengannya. Cukup bersihkan kotoran dengan tisu basah atau juga dapat menggunakan sikat lembut untuk membersihkan kotoran tanpa merusak bagian tutupnya.

2. Memasak dengan api kecil

Secara alami jamur mengandung air, jika kamu terbiasa mengolah jamur dengan menumis, hindari memasak dengan api kecil. Naikkan suhu kompor saat menumisnya untuk mengurangi kadar air saat menumis jamur hingga airnya sedikit menguap.

3. Menghemat minyak goreng

Jamur menyerap cairan dengan cepat, begitu juga dengan minyak maupun butter. Jangan takut menggunakan banyak butter atau minyak saat memasaknya, tapi tetap sesuaikan dengan kebutuhan. Lemak ini akan memberikan warna cokelat yang indah pada jamur serta memberikan citarasa lebih nikmat. Apalagi saat memasak jamur untuk saus berbahan dasar jamur.

4. Kepadatan wajan

Pastikan gunakkan wajan yang cukup besar untuk menumis jamur, karena jika dimasak dalam wadah yang kecil jamur akan mengeluarkan air saat dimasak. Bukannya ditumis jamur ini seolah menjadi jamur rebus. Karena jamur butuh ruangan ruang untuk bernafas saat dimasak. Seperti saat menambahkan jamur pada saus bolognaise, baiknya jamur dimasak terpisah kemudian dicampurkan kalau tidak saus bolognais yang kamu buat akan menjadi terlalu berair.

© 2019 yukmakan channel