• Novi Amaliyah

4 Makanan Paling Sehat Untuk Sarapan



Semua orang setuju jika ritual sarapan adalah ritual paling penting untuk dilakukan sebelum memulai aktivitas. Tak hanya memberi asupan bergizi bagi tubuh di pagi hari, sarapan juga membantu meningkatkan mood yang baik sebelum beraktivitas dan memulai hari yang indah. Tak hanya sekedar mengisi perut, sebaiknya menu sarapan juga harus diperhatikan keseimbangan gizi dan nutrisinya.


Beberapa penelitian menunjukkan menyingkirkan karbohidrat dari daftar makanan tidak selalu bermanfaat bagi semua orang. Karbohidrat tetap diperlukan bagi tubuh, namun untuk sarapan sebaiknya pilih jenis karbohidrat kompleks yang lebih kaya serat dan kaya nutrisi mikro yang bermanfaat bagi Kesehatan otak dan membantu penurunan berat badan. Selain itu padukan dengan protein, lemak sehat. Adalah penting untuk menikmati menu sarapan lezat dengan gizi yang seimbang sehingga dapat membantu dalam menyeimbangkan kadar gula darah untuk mengelola dan mencegah diabetes, dan jika dilakukan dengan benar, ini juga bisa menjadi sumber serat makanan yang baik.


Apapun pilihan sarapan kamu cobalah berkreasi untuk menghadirkan menu sarapan sehat dari 4 jenis makanan berikut ini sebagai menu sarapan sehat serta mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tubuh.



Buah

Pilih buah-buahan sebagai salah satu menu sarapan kamu, padukan dengan gandum utuh. Buah-buahan sangat baik dikonsumsi sebagai menu sarapan. Buah memiliki air yang tinggi dan kandungan gula alami yang tinggi, buah juga mudah dicerna di dalam saluran pencernaan belum lagi kandungan vitamin dan mineral yang dikandung buah sangat dibutuhkan oleh tubuh. Smoothie paduan aneka buah juga bisa menjadi salah satu pilihan menu sarapan sehat.



Sayur

Sayuran untuk sarapan mungkin terdengar aneh tapi kamu bisa memadukan sayuran seperti bayam dan aneka papika ke dalam omelet yang nikmat. Sayuran adalah sumber karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral yang bagus, serta memberi sistem pencernaan kebutuhan serat makanan yang sehat. Bisa juga segelas jus paduan sayuran dan buah yang cukup menyegarkan.



Protein

Jika kamu menjalankan pola makan berbasis protein nabati kamu bisa mengonsumsi susu berbahan dasar kacang seperti kacang kedelai, kacang almond sebagai pengganti susu.Nikmati dengan chia seed atau oats dengan paduan aneka buah. Protein memberi bahan bakar pada tubuh dengan semua asam amino esensial yang dibutuhkannya. Sarapan bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan makronutrien esensial ini, dan karena protein terurai lebih lambat dari karbohidrat sederhana, makanan yang dikonsusmi saat sarapan pagi akan terus menyehatkan tubuh sepanjang hari. Coba Overnight Oats dengan susu nabati, selain efisien dan praktis menu ini juga kaya nutrisi sebagai menu pagi hari.



Lemak Sehat

Lemak sehat adalah komponen penting dari makanan kita yang sangat baik untuk fungsi otak, energi, serta menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku yang bercahaya. Kita hanya membutuhkan sebagian kecil dari lemak sehat ini untuk memenuhi kebutuhan lemak harian. Kamu bisa pilih alpukat yang kaya akan lemak sehat, ikan yang kaya akan kandungan omega3 seperti salmon juga bisa jadi pilihan.


© 2019 yukmakan channel