• Novi Amaliyah

4 Manfaat Kesehatan Berbasis Sains Daun Kelor



Kelor atau Moringa Oleifera adalah tanaman yang disebut sebagai pohon ajaib oleh WHO. Daun ini telah banyak digunakan karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun. Di Indonesia daun ini biasa diolah sebagai bahan pembuatan sayur bening. Sejauh ini, para ilmuwan hanya menyelidiki sebagian kecil dari banyak manfaat kesehatan yang sudah dikenal luas ini. Daun kelor sangat kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh juga mengandung dan senyawa tanaman bioaktif. Yuk, simak 6 manfaat kesehatan dari Moringa oleifera yang didukung oleh penelitian ilmiah seperti dilansir dari Healthline.


Kaya Nutrisi

Daun kelor atau Moringa Oleifera adalah pohon asli India Utara. Ada yang menyebutnya dengan sebutan drumstick tree, horseradish tree atau ben oil tree. Hampir semua bagian pohon dimakan atau digunakan sebagai bahan obat herbal tradisional. Terutama bagian Ini terutama pada daun dan bijinya yang menyerupai kacang polong yang biasanya dimakan di beberapa daerah di India dan Afrika. Daun kelor kaya akan nutrisi penting, termasuk protein, vitamin B6, vitamin C, riboflavin dan zat besi.


Kaya Antioksidan

Daun kelor kaya akan berbagai antioksidan, termasuk quercetin dan asam klorogenik. Serbuk daun kelor dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah. Satu studi  menunjukkan bahwa pada wanita yang mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan terbuksi secara signifikan meningkatkan kadar antioksidan darah. Ekstrak daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan. Daun ini mampu meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi.


Mengurangi Inflamasi

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Ini merupakan mekanisme perlindungan yang dilakukan oleh tubuh. Tetapi ini juga bisa menjadi masalah kesehatan jika terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama. Faktanya, peradangan berkelanjutan terkait dengan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanate adalah senyawa anti-inflamasi terutama pada daun daun dan biji.


Menurunkan Kadar Kolesterol

Daun kelor dapat menurunkan kadar kolesterol Anda, berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung. Memiliki kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Untungnya, banyak makanan nabati yang dapat secara efektif mengurangi kolesterol. Ini termasuk biji rami (flaxseed), gandum dan kacang almond. Ternyata dari hasil penelitian yang berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor memiliki efek menurunkan kolesterol yang sama.

© 2019 yukmakan channel