• Novi Amaliyah

4 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Quinoa


Quinoa, bahan makanan satu ini tergolong salah satu superfood ini dikenal karena berbagai kandungan zat yang baik dan cukup lengkap. Selain bebas gluten, quinoa tinggi kandungan protein dan salah satu dari sedikit makanan nabati yang mengandung kesembilan asam amino esensial dalam jumlah yang cukup. Quinoa juga tinggi serat, magnesium, vitamin B, zat besi, kalium, kalsium, fosfor, vitamin E dan berbagai antioksidan yang bermanfaat.

Berikut 11 manfaat Kesehatan yang dimiliki oleh quinoa seperti dilansir dari Healthline.


Kaya Nutrisi

Ada jenis quinoa yang dikenal saat ini yaitu quinoa berwarna putih, merah dan hitam.Quinoa kaya akan serat serta kandungan nurtisi dan mineral seperti , protein, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, serta lemak omega3 hingga vitamin E dan masih banyak lainnya.


Tinggi Kandungan Antioksidan

Quinoa mengandung flavonoid dalam jumlah besar, termasuk quercetin dan kaempferol. Keduanya adalah antioksidan tanaman yang kuat dengan banyak manfaat Kesehatan. Molekul penting ini telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi, anti-virus, anti-kanker dan anti-depresan.


Kaya Serat

Quinoa memiliki kandungan serat yang tinggi, jauh lebih tinggi daripada kebanyakan biji-bijian lainnya. Dalam 185 gr quinoa mengandung 2,5 gr serat tidak larut.


Kaya Kandungan Protein

Quinoa mengandung protein tinggi dibandingkan dengan kebanyakan makanan nabati. Quinoa juga mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Quinoa menjadi alternatif sumber protein yang baik untuk vegetarian dan vegan.