• Novi Amaliyah

4 Manfaat Madu Manuka



Beberapa tahun belakangan madu Manuka menjadi salah satu madu yang populer, madu asal Selandia baru ini disinyalir memiliki banyak khasiat dan manfaat. Madu manuka diproduksi oleh lebah yang menyerbuki bunga Leptospermum scoparium, umumnya dikenal sebagai semak manuka. Sifat antibakteri madu manuka adalah yang membedakannya dari madu lainnya. Madu manuka mengandung Methylglyoxal sebagai bahan aktifnya yang bertanggung jawab atas efek antibakteri ini. Selain itu, madu manuka memiliki manfaat antivirus, antiinflamasi, dan antioksidan. Bahkan, secara tradisional telah digunakan untuk penyembuhan luka, menenangkan sakit tenggorokan, mencegah kerusakan gigi dan meningkatkan masalah pencernaan. Berikut 7 manfaat kesehatan madu manuka.


Menyembuhkan Luka

Jika diaplikasikan secara topikal, madu manuka secara efektif mampu mengobati luka bakar, bisul, dan luka yang tidak sembuh. Itu juga telah ditunjukkan untuk memerangi jenis infeksi yang kebal antibiotik, seperti Staphylococcus aureus (MRSA)


Pengobatan Untuk Kesehatan Mulut

Penelitian menunjukkan madu manuka menghambat pertumbuhan bakteri mulut berbahaya yang dapat menyebabkan radang gusi dan kerusakan gigi. Tidak seperti gula rafinasi, gula ini belum terbukti menyebabkan kerusakan gigi.


Meredakan Sakit Tenggorokan

Madu Manuka dapat membantu mengobati sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan bakteri yang menyerang dimana menyebabkan rasa sakit, terutama pada pasien yang menjalani kemoterapi atau radiasi berkurang ketika mengonsumsi madu manuka.


Mengobati Jerawat

Kemampuan madu Manuka untuk mengobati jerawat dengan baik karena madu ini memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

© 2019 yukmakan channel