• Novi Amaliyah

4 Minuman Yang Bisa Membantu Tidur Lebih Nyenyak


Tahukah kamu jika kualitas tidur kita memiliki peran yang sangat penting. Tubuh yang

kurang istirahat akan merasa kelelahan yang kemudian menurunkan produktivitas, kadar

stress yang meningkat yang bisa berujung pada depresi. Pada orang dewasa dibutuhkan

setidaknya 7-9 jam bagi tubuh untuk beristirahat.


Jika kamu merasa kesulitan untuk tidur, mulailah beberapa ritual sebelum tidur

seperti menggunakan lampu temaram, menyalakan minyak aroma terapi dengan aroma yang menenangkan seperi lavender atau bisa juga dengan meneguk minuman yang dapat membantu untuk tidur jadi lebih nyenyak. Dilansir dari Foodmatters, kamu bisa mencoba 4

minuman yang bisa membantu tidur jadi lebih nyenyak. Berikut 4 ramuan yang dapat

membantumu untuk tidur lebih nyenyak.


Turmeric Latte


Turmeric Latte, ramuan ini mungkin sedikit aneh untuk orang Indonesia. Tapi di luar

minuman ini tengah naik daun dan dicintai oleh penggiat gaya hidup sehat. Turmeric

yang terdapat dalam kunyit adalah salah satu zat anti-inflamasi paling kuat karena

senyawa curcumin yang terkandung didalamnya. Zat ini juga membantu pencernaan jadi lebih baik yang juga berart membantu tubuh memiliki kesempatan untuk

beristirahat. Selain itu minuman ini juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang membuat tidur nyenyak. Kamu bisa membuat ramuan ini sendiri menggunakan susu full cream dengan tambahan kunyit bubuk atau bisa juga menggunakan dengan santan, susu almond atau bubuk rami yang lebih kaya dengan lemak sehat. Minuman ini akan membantu nutrisi yang dibutuhkan otak dan dapat berkontribusi untuk menciptakan efek yang menenangkan.


Teh Herbal

Cobalah untuk menyeduh teh herbal yang sudah sejak lama dimanfatkan untuk membantu agar tidur jadi lebih nyenyak. Teh chamomile misalnya, teh ini banyak diminum sebelum tidur karena kekuatannya yang menenangkan dan dapat membantu tidur jadi lebih nyenyak. Ini dikarenakan chamomile mengandung zat apigenin. Antioksidan ini dikaitkan dengan reseptor spesifik di otak yang secara bersamaan mengurangi kecemasan dan memudahkan untuk tidur. Seduhlah teh chamomile dan biarkan selama setengah jam setelah diseduh sebelum diminum.


Hot Chocolate

Sipa tak suka dengan minuman cokelat panas, minuman ini jadi favorit anak-anak.Seperti kita ketahui cokelat memiliki efek yang menenangkan karena kandungan antioksidan flavanoidnya. Minuman cokelat panas bisa menjadi minuman alternatif untuk menghadirkan kenangan nostalgia dan perasaan santai sekaligus memberi manfaat kesehatan dari penurunan gula darah, asam lemak sehat yang dibakar secara perlahan, dan mengurangi tekanan mental yang mungkin membuat tetap terjaga. Cokelat panas sederhana ini dapat mengurangi stress secara alami, tapi sebaiknya pilih yang memiliki kandungan gula yang rendah.


Konsumsi Makanan Yang Mengandung Mineral

Melatonin dan serotonin sangat penting untuk membantu tidur jadi lebih nyenyak. Tanpa keduanya tidur kita bisa jadi terganggu. Cara yang baik untuk memastikan sistem saraf jadi lebih tenang adalah memiliki makanan yang kaya akan kedua kandungan zat ini secara alami, seperti pisang yang dibakar dengan lambat. Kemudian makanan yang dapat menenangkan otot seperti oat dan almond. Kamu bisa membuat milkshake dari bahan-bahan ini sebelum tidur.

© 2019 yukmakan channel