• Novi Amaliyah

4 Tips Praktis Menjaga Cupcake Tetap Fresh



Saat membuat cupcake untuk pesta, biasanya sering menyisakan cupcake berlebih. Cupcake bisa tahan hingga beberapa hari bahkan beberapa bula jika penyimpannya dilakukan secara benar. Pilihan untuk menjaganya agar tetap fresh juga bervariasi tergantung pada berapa lama perlu menyimpannya. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan. Berikut tips praktis menjaga cupcake tetap fresh.


Menjaga Cupcakes Segar selama Dua Hari

Cupcake yang tidak dibekukan bisa bertahan selama dua hari tanpa lemari es. Namun, jika berencana untuk menghias cupcake dengan frosting yang membutuhkan lemari es, cupcake bisa tahan sampai dua hari sebelum disajikan. Sebelum disimpan, sebaiknya biarkan cupcake yang baru dipanggang benar-benar dingin di rak kawat setidaknya selama satu jam. Rak kawat memungkinkan bagian bawah menjadi dingin serta bagian samping dan atas. Jika masih hangat,cupcake akan terus mengeluarkan uap yang bisa membuat bagian atas cupcake lengket saat dibekukan. Tempatkan cupcake di dalam kantong penyimpanan plastik atau wadah kedap udara dan simpan pada suhu kamar. Cupcake akan mempertahankan kesegarannya selama tidak kehilangan kelembapan atau mengalami perubahan suhu. Jika telah menyimpan cupcake pada suhu ruangan dan menemukan bagian atasnya lengket, sehingga sulit dibekukan, biarkan selama satu jam untuk mengeringkannya sedikit. Semprotkan frosting daripada menyebarkannya dengan spatula atau pisau offset juga akan membantu menjaga bagian atasnya tetap utuh.


Hindari Lemari Pendingin

Hindari menyimpan cupcake di lemari es jika ingin memperpanjang umur simpannya lebih dari dua hari. Cupcake yang disimpan di lemari es akan mengering. Faktanya, menempatkan cupcake di lemari es mempercepat kristalisasi gula dan tepung, membuat cupcake cepat basi. Satu-satunya pertimbangan menyimpan cupcake di lemari es adalah jika frosting mencair dengan cepat. Pengecualian lainnya adalah jika cupcake yang dibuat memiliki isian atau frosting yang terbuat dari susu, telur, atau custard dan cupcake harus didinginkan untuk keamanan pangan.


Simpan Di Freezer

Meskipun lemari es akan mengeringkan cupcake, freezer sangat efektif untuk penyimpanan cupcake, khususnya cupcake yang belum diberi frosting atau hiasan apapun. Tumpuk cupcake yang belum dibekukan di dalam kantong freezer dan letakkan cupcake di freezer dan pastikan agar tidak hancur atau hancur oleh barang yang lebih berat. Saat akan dimakan, keluarkan dari freezer dan keluarkan liner untuk membiarkannya mencair di atas piring atau dudukan cupcake. Jika tidak melepaskan kertas pelapisnya, pelapis dapat menjadi lengket dan bagian atas dapat terlepas setelah dicairkan. Jangan gunakan microwave atau oven untuk mencairkannya. Cupcake beku akan mencair dalam waktu sekitar dua jam dalam suhu ruangan.


Gunakan Cupcake Beku untuk Deep Fried Cupcake

Penggunaan alternatif untuk cupcake beku adalah dengan menggorengnya. Lapisi cupcake beku dalam adonan pancake yang sudah disiapkan dan rendam dalam penggorengan dengan minyak pada suhu 190 derajat. Taburkan cupcake goreng dengan gula bubuk atau bubuk kakao dan letakkan langsung di rak kue hingga dingin.

© 2019 yukmakan channel