• Novi Amaliyah

5 Bahan Ampuh Untuk Membersihkan Loyang Agar Kinclong Kembali


Loyang
Tips praktis membersihkan loyang agar kembali kinclong

Loyang adalah salah satu alat dapur paling serbaguna. Selain untuk memanggang aneka kue dan kue kering, loyang juga bisa digunakan untuk memanggang aneka bahan makanan mulai dari ayam, daging, makanan laut hingga sayuran. Tak heran jika loyang mungkin menjadi salah satu alat dapur yang sering dipakai. Karena sering dipakai loyang akan membuat permukaan loyang gosong serta jelaga dan melapisi kilapnya. Terutama untuk bagian sudutnya yang susah untuk dibersihkan. Untungnya, untuk membersihkan loyang ini kembali kinclong bisa menggunakan beberapa bahan, berikut 5 bahan untuk membersihkan loyang agar kembali kinclong.


Amonia

Untuk memudahkan proses pembersihan menggunakan amonia dibutuhkan wadah kantung plastik besar dan campuran air dan 5-10% amonia. Masukkan loyang ke dalam kantung besar dan campuran larutan air yang sudah dicampur amonia. Kemudian ikat plastik dan biarkan selama semalaman. Setelah direndam semalaman, tiriskan, bilas, dan gosok dengan seksama sebelum dibilas dengan sabun dan air hangat. Pastikan untuk menggunakan metode ini di area yang berventilasi baik agar tidak dengan terganggu dengan aroma amonia yang mengganggu.


Soda kue dan cuka

Gunakan campuran soda kue dan cuka untuk membuat pasta. Kemudian oleskan pasta ini secara merata di atas permukaan panci maupun loyang dan biarkan semalaman. Bersihkan dan buang pastanya, gosok dengan sikat pembersih setelah itu bilas dengan air hangat dan sabun.


Peroksida dan Soda Kue

Gunakan metode yang sama seperti yang sebelumnya, hanya saja, alih-alih menggunakan cuka, gunakan hidrogen peroksida. Tuang soda kue pada bagian yang akan dibersihkan pada loyang, lalu semprotkan dengan peroksida di atas soda kue untuk membentuk pasta. Gosokkan secara merata pada permukaan, diamkan semalaman, gosok, kemudian bilas dan keringkan dengan lap bersih.


Pembersih oven

Pembersih oven tidak dibuat untuk membersihkan peralatan masak, tetapi diformulasikan untuk melarutkan minyak yang menempel pada pemanggang pada bagian dalam. Ini berarti juga akan melarutkan minyak yang dipanggang dari loyang. Dan tidak seperti metode sebelumnya, yang mengharuskan campuran dibiarkan semalaman, pembersih oven bekerja dalam waktu kurang dari 30 menit. Bahkan, membiarkannya lebih lama dari itu bisa merusak loyang Semprotkan pembersih oven ke seluruh permukaan loyang dan diamkan selama 20 hingga 30 menit. Kemudian bersihkan dengan spons. Semua lemak dan kotoran yang menempel di loyang akan larut. Segera bersihkan, pastikan untuk membersihkan dengan seksama dengan sabun dan air sesudahnya.


Saus tomat

Membersihkan peralatan masak dengan saus tomat mungkin tampak sangat aneh, tetapi ini cukup ampuh. Asam dalam saus tomat membantu melunturkan kotoran. Cukup oles loyang dengan saus tomat dan olesi di sekelilingnya, kerjakan terutama di sudut dan tepinya. Biarkan semalaman, lalu gosok, bilas, dan cuci dengan sabun, segera keringkan dengan lap bersih.