© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

5 Bahan Makanan Lokal Yang Tak Kalah Dengan Superfood Impor



Indonesia, sebagai negara beriklim tropis punya banyak kekayaan alam yang melimpah. Bahan makanan berupa sayuran dan buah-buahan khas tropis dengan kandungan yang kaya manfaat tersedia di alam. Sayangnya terkadang bahan pangan lokal kalah pamor dan seksi dibanding makanan yang diklaim sebagai super food dari luar. Padahal menurut dokter gizi, dr. Diana F. Suganda, MKes, Sp.GK, tak ada bahan makananan yang lebih diunggul dibanding dengan lainnya. Superfood menurutnya hanyalah sebuah kampanye marketing. Untuk memenuhi kebutuhan gizi, menu makanan yang dikonsumsi haruslah beragam, bervariasi serta tepat jumlahnya.


Baru-baru ini Royco merilis 50 Bahan Pangan Masa Depan sebagai bagian dari program Royco Nutrimenu yang membantu para ibu menyiapkan makanan sesuai dengan asupan gizi seimbang untuk anak. Tak hanya untuk anak, pedoman Nutrimenu ini juga bisa diaplikasikan untuk seluruh anggota keluarga dimana masing-masing memilki porsi yang berbeda.

“Royco mencoba mengangkat bahan makanan lokal yang kurang dikenal padahal punya manfaat dan kandungan gizi yang tinggi, juga terjangkau dan mudah didapat,” jelas Hernie Raharja, Director of Foods & Beverages PT. Unilever Indonesia, Tbk. Yuk, simak manfaat kelima bahan makanan local yang tak kalah dengan superfood impor berikut ini.


Daun Kelor

Beberapa tahun belakangan daun kelor atau juga dikenal dengan moringa menjadi populer. Tak hanya bisa dimanfaatkan untuk bahan perawatan kecantikan kulit, daun ini juga kaya akan kandungan protein, vitamin C, zat besi, potassium dan zat nutrisi lainnya. Daun ini bisa ditambahkan pada olahan sup atau dimasak sebagai sayur bening.


Ubi Jalar

Bahan makanan satu ini mengandung banyak vitamin A, sehingga cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Ubi jalar juga mampu menyediakan 37% kebutuhan vitamin C bagi tubuh. Selain itu ubi jalar juga mengandung kolin, beta karoten, serat dan kalium. Untuk mengonsumsinya ubi jalar bisa dipanggang atau dicampurkan pada olahan sayur.


Selada Air

Daun satu ini ternyata punya segudang nutrisi, selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Dalam 100 gr selada air mampu menyediakan 17 kalori energi, 2,2 gram karbohidrat, 3,1 gram protein dan 0,7 gram serat. Selada air juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, seng, vitamin B, C dan K. Daun satu ini bisa diolah sebagai tumisan maupun untuk paduan salad.



Bayam

Bahan makanan satu ini pasti sudah tidak asing lagi sebagai salah satu olahan makanan. Selain ditumis, dibuat sayur bening, bayam juga bisa dipadukan untuk salad. Bayam mengandung banyak manfaat diantaranya mengurangi radang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah anemia, menjaga kesehatan kulit, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, menurunkan risiko terkena kanker dan menjaga kesehatan mata karena kandungan karotenoid.


Kacang Hijau

Kacang hijau punya segudang manfaat bagi kesehatan diantaranya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah, meningkatkan kepadatan tulang, baik untuk penderita diabetes, menjaga sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan rambut dan masih banyak lainnya. Sebagai inspirasi, kamu bisa menambahkan kacang hijau pada sayur sup daging yang kamu buat.