• Novi Amaliyah

5 Bahan Sederhana Membuat Tortilla di Rumah

Tortilla merupakan sajian khas Meksiko yang biasa dikonsumsi sehari-hari, layaknya nasi untuk orang Indonesia. Tortilla biasanya disajikan dengan saus salsa maupun saus guacamole khas Meksiko yang dipadukan dengan buah alpukat yang kaya nutrisi. Populernya sajian Meksiko yang eksotis membuat roti pipih tanpa ragi ini mudah ditemukan di berbagai supermarket dalam bentuk beku.



Kalau kamu suka berkreasi di dapur dan membeli tortilla dalam bentuk beku, maka bisa berkreasi dengan tortilla. Tortilla sendiri dibuat menggunakan beberapa bahan berbeda yang cukup mudah ditemukan. Bahan yang dibutuhkan cukup 5 macam saja, hingga bisa mendapatkan tortilla yang segar setiap saat. Kamu bisa membuatnya dalam takaran personal, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Ke-5 bahan praktis untuk membuat tortilla di rumah itu antara lain tepung terigu, susu segar, baking powder, minyak zaitun, dan garam.


Gunakan tepung terigu tinggi protein untuk membuat kulit tortillanya. Bahan ini sama seperti untuk membuat adonan roti biasa. Kamu bisa menggunakan 250 gram tepung terigu tinggi protein. Kemudian ditambahkan dengan 100 gram susu segar untuk menghasilkan citarasa tortilla yang gurih. Tambahkan pula ½ sdt baking powder, 5 sdm minyak zaitun untuk menambah citarasa, dan aroma. Agar adonan tidak lengket saat dipanggang, tambahkan ¼ sdt garam yang juga sekaligus untuk menambah citarasa tortilla.


Campurkan semua bahan itu menjadi satu, kemudian uleni adonan hingga tercampur rata. Istirahatkan adonan selama 15 menit. Lalu bagi adonan menjadi 8 bagian, bulatkan, kemudian pipihkan sambil ditaburi sedikit tepung. Panggang tortilla hingga muncul gelembung dan agak kecoklatan di wajan pipih yang sudah dipanaskan sebelumnya.


Jika kamu tidak ingin memanggang semua adonan, maka kamu bisa menyimpan sisa adonan tortilla di lemari es. Pastikan adonan itu terbungkus rapat dalam plastik wrap. Tujuannya untuk menjaga agar adonan tetap lembut. Selamat mencoba membuat tortilla sendiri di rumah!

© 2019 yukmakan channel